Pages

Sabtu, 27 Mei 2017

#Noviandriyani - Perjuangan Anak Ayam part II

Perjuangan Anak Ayam part II
BYE BYE PERAWAT JIWA

Melanjutkan cerita perjuangan anak ayam part 1 kamarin. (ini link buat yang belum baca : https://noviandriyani-karaswati.blogspot.com/2017/05/noviandriyani-perjuangan-anak-ayam-part.html ), jadi kalian udah tau kan kalo cita-cita ku bukan jadi perawat, kerena paksaan orang tua ditambah lagi mereka yang udah nge-modalin biaya kuliah jadi ya mau nggak mau harus nerima nasib. Akhirnya aku kuliah buat ngambil vokasi perawat, kuliahnya cepet cuma 3 tahun. Lebih cepat lebih baik kan ?

Setelah 3 tahun kuliah bak zombie karena kehilangan semangat hidup gegara cita-cita yang gagal di gapai, akhirnya di detik-detik terakhir semester kuliah aku nemu titik terang. Jadi waktu dinas *kalo kuliah perawat ada dinasnya, jadi kayak praktik lapangan yang langsung terjun bebas ke Rumah Sakit, biasanya dilakukan setiap semester. Nah semenjak dapat jatah dinas di salah satu Rumah Sakit Jiwa barulah aku nemuin motivasi jadi seorang perawat, lebih tepatnya lagi motivasi yang ngebuat aku pengen jadi Perawat Jiwa.

Entah kenapa hati nurani ku lebih terenyuh waktu liat pasien dengan gangguan jiwa ketimbang ngeliat pasien yang ngap-ngap mau sakaratul maut. Jadi aku mikir gini “apakah ini panggilan hati buat jadi seorang perawat jiwa?”. Ntah kenapa tapi aku tau kalo aku udah jatuh cinta sama mereka. Aku jatuh cinta sama orang gila. Aku merasa harus nolong mereka, pokonya simpati dan empati ku lebih banyak condong ke pasien jiwa.

Dari penemuan tak di sengaja itulah akhirnya aku buat planning yang bakal ku lakukan setelah lulus kuliah. Pertama aku mau ngelanjutin kuliah strata satu dan lanjut ambil spesialis Perawat Jiwa sembari nyambi kerja, niatnya aku pengen kerja ke RS Jiwa yang ada di Bogor. Niat ku bukan ecek-ecek semata, waktu pembukaan CPNS tahun 2017 aku langsung ikut tes untuk pertama kalinya. Aku milih formasi perawat di Rumah Sakit Jiwa Marzuki Mahdi Bogor kebetulan saat itu mereka lagi buka formasi kebutuhan perawat. meski tanpa persiapan mateng tapi aku lulus sampe ke beberapa tahap tes, but apa daya ibu ku menentang habis-habisan sambil ngancem kayak gini “kalo kamu mau kerja ke RS Jiwa apalagi ke Bogor sana, kamu harus langkahi mayat ku dulu!”. Alhasil ntah itu kebetulan atau emang takdir, pas pengumuman tes tahap selanjutnya eh nama ku nggak lulus padahal tinggal sedikit lagi, sedih banget. Nasib gini amat yakkk.... 

Melihat niat ku yang rada melenceng dari jalur yang mereka tentukan, akhirnya orang tua nyaranin aku buat istirahat dulu sambil nunggu penerimaan mahasiswa baru dan aku sambut dengan riang gembira. Sembari istirahat leha-leha di rumah ngakibatin aku bosen dan orang tua ku uring-uringan ngeliat anak gadisnya cuma makan - tidur - makan - tidur akhirnya aku di suruh kerja jadi anak bawang di puskesmas yang jaraknya cuma 15 menit dari rumah. aku setuju karna biar ada kegitana dan nggak lupa sama kulit manusia.

Dua bulan kerja disana malah jadi petaka kecil yaitu orang tua ku ngerasa nyaman ngeliat aku kerja disana dan nggak pengen aku kemana-mana, which is ngakibatin pergolakan batin yang penuh penolakan. Otak ku minta supaya aku ngibarin bendera perang. Sebenernya aku sering mewanti-wanti kalo mau mimpi jangan ketinggian jangan kebebasan karena nantinya nggak bakal kesampean kalo penghalangnya orang tua sendiri. Tapi ya namanya manusia, kita nggak bisa ngontrol hati, mereka jalan dengan sendirinya apalagi manusia punya nafsu. Nafsu buat jadi orang yang lebih baik, nafsu buat nuntut ilmu sebanyak - banyaknya, nafsu buat nyari pengalaman, nafsu buat ini itu dan nafsu-nafsu lainya, selama itu positif kenapa enggak? Pokoknya banyak banget kalimat protes yang udah dirancang otak ku tapi anehnya dari ribuan kalimat protes itu nggak ada yang keluar dari mulut ku, kalimat-kalimat protes itu malah jatuh terpendam dan nggak ada yang muncul ke permukaan.

Aku me-realized alasan di balik kenapa ribuan kalimat protes ku itu nggak ada yang muncul ke permukaan adalah karena aku nggak bakal bisa nolak mereka meski di belakangnya selalu misuh-misuh. aku udah bilang belum kalo aku tipe anak yang penurut? mungkin alasan utamanya adalah sifat ku yang satu ini. Selain itu aku mikir, sisi positifnya kenapa orang tua ngotot nyuruh harus kerja, tinggal di rumah dan nggak lagi melalang buana kesana kemari karena sebenarnya mereka kangen. Kangen sama anak bungsunya. Anak bungsu yang dari umur 15 tahun nggak tinggal bareng mereka. Ya jelaslah mereka kangen, secara ortu ku selama bertahun - tahun idup cuma beduaan doang. Nggak ada siapa-siapa, jadi mereka pengen ngabisin hari tuanya buat ngerasin gimana sih rasanya tinggal bareng anak? gimana rasanya di masakin nasi oleh anaknya, gimana rasa seduhan teh anaknya, gimana cara anaknya ngerawat kalo mereka lagi sakit, dan gimana-gimana lainya. Jadi akhirnya aku ngikutin aja maunya orang tua dan mengesampingkan lagi mimpi ku buat mendedikasikan ngerawat orang-orang yang punya gangguan kejiwaan. So i have to say bye bye perawat jiwa.

Yang terakhir gini Kalo aku ditanya “kamu ikhlas nggak sih nov?” ya aku harus jawab apa dong? kalo aku jawab ikhlas itu bohong besar namanya. Hei inget aku masih 100% manusia biasa bukan manusia setengah dewa, jadi masih punya yang namanya ego. Jadi kalo aku ditanya lagi “kamu ikhlas nggak sih nov sama semua yang udah terjadi ini?” maka aku bakal jawab “lagi berusaha". Bukannya gimana, ini loh yang tak korban kan hidup ku, umur ku, waktu ku jadi proses buat meng-ikhlaskannya ya di jalanin aja, who knows ? ada cerita lain ke depannya, cerita yang pastinya bakalan lebih menarik. 

********* 

hellowww gaess... I'm back, penasaran dengan cerita apa yang terjadi setelah 5 tahun pasca aku posting Perjuangan Anak Ayam Part II ? di bawah ini aku cantumkan link lanjutannya, silahkan di klik dan di baca ya ....
 

Pengalaman Kerja Part 1
https://noviandriyani-karaswati.blogspot.com/2019/02/pengalaman-kerja-part-i.html

Pengalaman Kerja Part 2
https://noviandriyani-karaswati.blogspot.com/2019/02/pengalaman-kerja-part-ii.html

 

0 komentar:

Posting Komentar