Pages

Senin, 09 April 2018

Tentang Novel karya Project Saira Akira


APA ITU PROJECT SAIRA AKIRA?
By. Novi Andriyani

Sebenernya postingan ini udah lama ada tapi tak repost lagi karna mau bahas sedikit lebih detil tentang Project Saira Akira, so yeah i writted again. Seperti yang kalian tahu sebelumnya, aku adalah salah satu dari banyaknya Vitamins. Vitamins adalah nama fansclub resmi bagi penggemar novel - novel karya Saira Akira.
Oke disini bakal kita bahas siapa sih Saira Akira ini? Jadi kata-katanya Saira Akira adalah penulis bersaudara kakak beradik, cewek cowok yang identitasnya di rahasiakan karena mereka mengusung konsep mysterious writers. Tapi kenyataan sebenarnya adalah seluruh karya yang ada dalam Project Saira Akira tidak hanya di tulis oleh dua orang saja, namun ada beberapa orang yang berperan di dalamnya. Usut punya usut ternyata Project Saira Akira adalah sekumpulan penulis yang berggabung menjadi satu community kecil yang terdiri dari 9 orang. Mereka bergabung dalam membuat karya berupa cerita fiksi yang bisa di bilang nggak main-main. Hingga akhirnya mereka  menamai diri dengan nama “Project Saira Akira (PSA)”.

Seluruh karya PSA antimainstream, kalo boleh ngomong sih karya- karyanya udah  kayak penulis luar negri, karya fiksi mereka bagus. Cap jempol buat tim PSA, kalo bahasa anak gaholnya mereka itu Badass!!! Karya-karya Project Saira Akira itu khas banget, alasan yang membuat mereka khas adalah karena genre novel yang selalu mereka angkat adalah Genre Romance Fantasy dan Dystopia. Keren kan? Di indonesia sendiri jarang ada penulis dengan genre tersebut, bisa di itung pake jarilah. Parahnya lagi PSA konsisten pake genre itu di setiap karyanya. Aku apresiasi banget buat mereka. Selain itu menurut ku sebagai seorang pembaca, genre Fantasy Dystopia adalah genre yang paling susah njabarinya penggambaran nya harus jelas dan detil karena kalo gagal sedikit aja ya gatot, gagal total. Pokoknya genre tersebut adalah genre yang paling susah buat di buat sekaligus mengagumkan buat di baca *uluuuhh bahasamu nov.

Aku suka beberapa karya mereka, semua judul novel mereka sangat recomended sesuai your cup of tea aka tinggal milih sesuai selera kalian. Oiya aku saranin kalian jadi anggota vitamins aja, caranya gampang tinggal daftar di web ato app nya tapi nunggu di acc nya lama bener, aku aja daftar baru 6 bulan kemudian di acc. Bayangin bok 6 bulan baru keterima jadi Vitamins, tapi ya itu nggak jadi masalah kalo kalian udah keterima, kebayar semua deh penantiannya soalnya bisa baca sesuka hati dan gratis. *acc dengan rentang waktu yang lama itu dulu, pas aku daftar sekitar tahun 2015, nggak tau deh kalo sekarang. Mungkin acc nya bakal lebih cepat...

Nah kemudian muncul permasalahan yang sebenernya aku juga nggak tau itu ada dan baru-baru ini tahu hahaha... Jadi permasalahanya adalah banyak fans mereka mungkin karna terlalu cinta dan memuja karya mereka jadilah para fans ini penasaran "ini penulisnya kayak apa? Penulisnya siapa sih? Yang mana sih penulisnya? Wajah penulisnya seperti apa sih? Otaknya gimana sih bisa buat novel sekece ini? Bla bla bla..." Akhirnya timbul asumsi-asumsi tentang PSA, para vitamins berbondong bondong mencari tau dari mulai kepo kecil kecilan, lalu membesar seperti melakukan terror di kolom kolom komentar akun wattpad Saira Akira, kolom komentarnya di penuhi oleh pertanyaan identitas mereka sampe ada yang berusaha meng-hack  akun maupun website mereka. Dan berakhir dengan pem-bullyan serta fitnah terhadap akun Saira Akira. *gila, ini fans apaan sih? 

Nah karna rasa penasaran fans yang brutal, otomatis menyebabkan ketidaknyamanan bagi para penulis Project Saira Akira (PSA). Privacy mereka terganggu, pokoknya jadi serba salah deh. Aku nggak tau cerita selanjutnya, tapi yang ku tahu kemudian melalui channel youtube PSA, mereka mengunggah 4 video yang berisi informasi yang ingin di ketahui para fans. Banyak fans ternganga karena selama ini mereka mengira bahwa Saira Akira hanya 2 orang kakak beradik cewek cowok jadi tau bahwa ternyata Saira Akira hanyalah beberapa anggota tim dari 9 orang yang tergabung dalam Project. Nah ini ada beberapa potongan scene video mereka : 
Jadi dalam Project Saira Akira (PSA) terdiri dari 9 orang anggota yang memiliki hobi menulis dengan otak yang sama ajaibnya, sama fantasynya dan sama kecenya. Lalu mereka juga memberikan informasi seperti siapa mereka, apa karya mereka, mengapa, kenapa, bagaimana dan beberapa informasi lainya serta harapan mereka untuk para vitamins. Yang unik dari unggahan videonya adalah seluruh Anggota PSA menggunakan topeng, ini merupakan konsistensi mereka bahwa mereka nggak mau para fans ter-alihkan oleh eksistensi penulis ketimbang karya yang mereka buat. Ini beberapa pesan yang di sampaikan oleh anggota PSA “kami ingin menghilangkan streotipe-streotipe tentang adanya jarak antara penulis dan pembaca, kami ingin menciptakan sosok penulis yang bersahabat bisa di cintai dan dekat dengan pembaca. Karna penulis dan pembaca saling membutuhkan. Tidak ada derajat yang lebih tinggi. Simbiosis mutualisme”. 
Yah sebenernya pesan mereka itu sudah terbukti dengan aktifnya para penulis membalas setiap komentar dan pertanyaan para fans, mereka sangat dekat dan bersahabat dengan para fans tapi mungkin namanya manusia kalo di kasih hati ngelunjak minta jantung jadi beberapa fans menjadi brutal dan ingin tahu lebih dan lebih tentang penulis bahkan sampai menjorok ke ranah privacy *mungkin inilah cikal bakal ketegangan itu terjadi.

Tapi dari empat video yang di unggah channel youtube Project Saira Akira sebenernya ada satu pertanyaan yang mengganjal di hatiku, yaitu yang membuat aku bingung adalah kenapa 9 orang ini menamakan diri mereka Project Saira Akira? Tentunya nama tersebut menurutku lebih codong ke dua nama anggota tim kakak beradik Shakira dan Akira. Apakah Mungkin 2 kakak beradik itu foundernya atau gimana aku nggak tau karna mereka nggak menjelaskan asal muasal nama grup tersebut. Pokoknya wallahualam deh hahaha....

Dan ini aku kasih info nama-nama anggota Project Saira Akira dan siapa aja yang menggarap novel-novel PSA berdasarkan informasi dari channel youtube Saira Akira. Aku nggak tau ini nama samaran atau asli yang jelas inilah informasi dari mereka:

Sembilan (9) Anggota Tim Project Saira Akira: 
1. Tjokro Yudistira Sebagai Koordinator Cerita, Pemilik Ide Dan Sebagai Customize 
2. Shakira Sebagai Penulis Azhura’s Bride
3. Akira Sebagai Penulis The General”S Wife Dan Liutenants’s Darling
4. Dani Sebagai Penulis Reapers Destiny
5. Seno Sebagai Penulis Emperor’s Consort
6. Conan *sorry mas tapi aku nggak denger dani ngenalinya mas conan sebagai apa wkwkw
7. Maya *sorry mbak tapi aku nggak denger dani ngenalinya mbak maya sebagai apa wkwkw
8. Gina Sebagai Multimedia, Wardrobe, Segaligus Picture
9. Wina Sebagai Multimedia, Wardrobe, Segaligus Picture

Di luar permasalahan identitas Siapa penulis Project Saira Akira (PSA) menurutku ngggak terlalu penting. Yang penting tau nama penulis dan karyanya udah cukup, sebuah karya bisa di nikmati nggak harus kenal dekat dengan penulisnya, its okay that not a matters. Kenikmatan sebuah karya nggak akan berkurang kok. Santai aja, pokoknya jangan brutal amat shay... Terakhir kali ku cek di Instagram PSA mereka mau mengadakan meet and greet sekaligus bedah buku. Nah bagi sekalian vitamins yang penasaran pengen ketemu para penulis misterius ini silahkan datang ke acaranya. Gratis tanpa di pungut biaya *khas PSA banget selalu ngasih gratisan, makin cinta deh. Tapi nggak tau, ntar mereka bakalan pake topeng apa nggak? wkwkwk...

Dari pada ngalor ngidul,  sesekarang aku mau bagiin info bagaimana caranya bisa menikmati seluruh karya Project Saira Akira (PSA) ini. Jadi PSA punya web sendiri kalian bisa meng-akses websitenya melalui www.projectsairaakira.com / www.projectsairaakira.net. mereka juga punya Applikasi yang bisa di install melalui Google Play yang namanya Psaproject / PSA App. Selain itu kalian juga bisa kunjungi mereka di Wattpad dengan akun @sairaakira dan Google Play Book caranya dengan search Sairaakira. Seluruh karya mereka bisa kalian nikmati. Yang pastinya bakal lebih menyenangkan lagi kalo kalian udah jadi bagian dari Vitamins, bebas mau baca yang mana dan semuanya gratis tanpa di pungut biaya *PSA kece banget dah. Kalo kalian males baca online, gampang... Kalian tinggal ke Gramedia aja, karna telah ada beberapa karyanya yang udah terbit dan pastinya sudah di buku kan. Karya-karyanya bisa kalian temukan di toko buku offline (Gramedia, Togamas, Gunung Agung, dll) dan toko buku online juga sudah banyak tersedia, tinggal beli ajahhhh shay *ini kenapa aku jadi promosi sih hahah.... 

Nih aku kasih List judul Novel karya Project Saira Akira (PSA Project):

After Earth Kingdom Universe :
  • The General's  Wife Trilogy : 
  • 1. The General’s Wife (Revolution) = end + telah terbit
  • 2. The General’s Wife (Regeneration) = coming soon 
  • 3. The General’s Wife (Resurrection) = coming soon
  • Liutenants’s Darling  = on going
  • Caesar's Prey = coming soon 
Mistycal Kingdom Universe :
  • Azhura’s Bride = end
  • Reapers Destiny = on going
Royal Kingdom Universe :
  • Emperor’s Consort = end + telah terbit
  • Right Hand’s Mistress = on going 
  • Healer's Victim = coming soon
Inevitable Series :
  • Inevitable War = end + telah terbit versi ebook
  • Inevitable Ecounter = end + telah terbit versi ebook
Stand Alone :
  • Warfare  Of Ancestry = on going 
  • The Girl Who Tamed The King = on going
Pada kece-kece kan? Setiap cover novelnya selalu di kasih simbol yang khas banget, its really good! So love it. Tapi tampilan website dan simbol perjudul novelnya sekarang udah berubah, agak kecewa sih kenapa musti di ubah padahal udah khas dan klop banget sama konsep yang pertama tapi  ya sudahlah. Jadi kalian jangan bingung kalo review yang di artikel ku ini tampilannya beda dengan yang ada di website PSA saat ini soalnya isinya tetep masih sama aja, pokoknya mah sukses terus buat Project Saira Akira.
Bagi kalian yang penasaran dari sekian banyak karya mereka, mana yang jadi favorit aku? ada satu judul yaitu The General's Wife karena TGW adalah novel pertama PSA yang ku baca dan udah di bukukan. Jadi buat kalian yang baru mau baca, aku saranin buat baca The General's Wife duluan soalnya biar nyambung dan nggak bingung karna beberapa novelnya memang berkesinambungan.
 
Kalo di atas aku selalu ngomongin betapa bagusnya karya mereka kali ini ku kasih pendapatku tentang kekurangannya. Yang aku kagum dengan karya PSA adalah penggambaran latar, deskripsi-deskripsi dan narasi mereka yang juara banget tapi masalahnya, aku banyak menemukan pengulangan - pengulangan penjelasan dalam narasi novelnya dan itu nggak banget. Maksudku gini, kalo sekali duakali okelah ya tapi kadang memang berkali-kali sampe bikin mikir kayak "oke stop aku tau itu tolong jangan di ceritain lagi" gitu sih dan aku berharapnya ada perbedaan karakter untuk tokoh wanitanya karna dari sekian karyanya semua karakter wanitanya sama yaitu dari golongan orang biasa, kecil, mungil, polos, rapuh dan tertindas begitupula dengan karakter lelakinya yang di semua cerita memiliki sifat yang dominan, kuat, posesif dan kejam like huh -_- Kayaknya itu aja sih, ya aku berharapnya ada perbedaan karakter di setiap karyanya biar pas di tarik garis lurus nggak sama semua, kan aneh ya kalo 15 karya tapi gitu-gitu aja even beda cerita tapi intinya selalu sama...

Oke baiklah segitu aja dulu, bagi kalian yang suka karya PSA boleh deh tulis di kolom komentar kita diskusikan bersama hahaha....

22 komentar:

Anonim mengatakan...

Tapi"mereka" terakhir update di blog berbulan-bulan lalu ya. Meskipun baca gratisan jadi merasa digantung.

novi andriyani mengatakan...

iya nih, mereka hiatus nya lama bener. terakhir kali Akun IG nya update pas ngumumin Emperor's Consort. Padahal udah penasaran banget pengen baca update tan novel-novel nya....

Unknown mengatakan...

Ada yang tau gak alasan mereka hiatus :(.
Dan yang hiatus tuh semua adminya jugaa

Unknown mengatakan...

Mereka lagi hiatus buat nyari ide baru (mungkin) selama ini kan kita taunya baca aja nih. mereka kan awalnya juga punya patokan ngepublish tiap hari apa gitu, jadi maklumin aja lah. Saira Akira juga perlu istirahat untuk memulihkan pikiran dari dunia fantasi yang mereka buat. tetep suport aja. Semoga balik dari hiatus, mereka bareng vitamins lagi dan membawa kabar baik. btw, PSA comeback tuh bawa lanjutan Warfare part 20 kemarin. :)

Anonim mengatakan...

Nama aplikasinya apaan ya ? Kok ngetik PSA sama Project SairaAkira di google play enggak ada ?

Anonim mengatakan...

Itu bukan di aplikasi, tp mereka bikin website. Gue vitamins, tp udah lama bgt galanjutin baca, jd udah lupa alamat websitenya apa. Coba aja search "sairaakira" di google, yg paling atas itu websitenya.

novi andriyani mengatakan...

dulu sih pas tahun 2015 ada aplikasi nya namanya Psaproject di install dari google play, app nya masih ada dan masih berfungsi di Hp aku sampe sekarang loh. Tapi saat ini di search di GP udah nggak ada wkwkwk... Buat para readers yang mau baca karya nya PSA tenang aja, karya mereka masih bisa di akses melalui Website nya. ini link nya : www.projectsairaakira.com / www.projectsairaakira.net ini udah aku bahas di paragraf terakhir artikel ini ya :) silahkan di baca ulang, kali aja pas baca nya kelewatan :D dan sebagai info, saat ini Website PSA sudah aktif kembali yeay! selamat membaca :)

Olizaaa mengatakan...

Kak, mau tanya jadi anggota vitamins emang harus nunggu ya?? Sampe 14 hari?

Salsabilla F mengatakan...

Sabar semua... mungkin mereka hiatus karena pengen nge-explore sesuatu buat karya mereka :) tapi hari ini mereka update kok! Bener2 kalo ada fansign ini novel gue bakal dateng sumpah! Even mereka pake topeng pas fansign tetep bakal gue datengin! Gue bener2 jatuh cinta pertama kali sama emperor's consort & azhura's bride karena 2 novel projectsairaakira itu yang pertama kali gue baca. Tapi karena kepo sama novel yang paling best-seller atau novel terbitan pertama mereka yaitu "the general's wife" akhirnya gue beli tuh walaupun uang langsung sekarat karena emang tadinya ganiat beli apa2 digramed, tapi karena ke-kepoan luar biasa jadilah gue tergerak buat beli😂 banyak banget emosi yg gue tuangin pas baca novel ini! Antara greget,bahagia,sedih,kesel campur aduk jadi satu! Bukan lebay sih tapi emang kaya gitu! Berharap the general's wife yang regeneration & ressurection bakal di terbitin secepatnya! Soalnya udah gasabar banget dari dulu ngeliat kelanjutan si libya sama mayat2nya mau ngapain😂. Dan ohiya gue jadi kepo sama novel2 karya mereka yang lain karena gue udah daftar dari tahun pertama kali mereka buat webnya dan setahunan mungkin acc gue belum diterima😂 ya maklum sih karena peminat mereka banyak dan mereka pasti meriksa acc wattpad kita dulu. Tapi karena kemaren iseng liat web mereka akhirnya gue coba login ternyata bisa! Duh kok malah curhat sih? Hahaha intinya gue sehati lah sama lo thor! Emang novel mereka sebagus itu.

novi andriyani mengatakan...

@adadeeh hahaha jadi curcol ya :D samaan dong fans nya babang akira dan mbak asia. rasanya bisa login lagi berasa dapet duit sekarung ya hahaha sangking senengnya :D makasih udah mampir yah syantikkk...

novi andriyani mengatakan...

@oliviazahra wah nggak tau ya kalo sekarang, yang jelas pasti harus nunggu di acc. Tapi estimasi berpa harinya aku juga nggak tau wkwkw... Soalnya aku daftar nya sekitar 4 atau 5 tahun yang lalu. Lupa, udah lama banget sih. Coba aja liv daftar jadi vitamins :)

St Fatimah mengatakan...

Aku masih bingung mana duluan yg harus kubaca soalnya semua cerita kayaknya ada sequel masing2. Aku udah baca General's wife lanjutannya kan Liutenant's darling sama Cesar's Prey,terus Azhura's bride lanjutannya kan Reaper destiny. Emperor consort lanjutannya apa?? Terus walfare of ancestry dan inevitable war apakah ceritanya dari dunia yg sama?? Tolong kasih masukan, aku baru beberapa hari jadi vitamins dan pengin baca biar berurutan, aneh kan kalau nanti yg kubaca loncat2 kan jadi gak nyambung. Makasih sebelumnya.

Balqis Utami mengatakan...

Kak.. gimana sih cara nya dftar jdi vitamins? Aku tuh suka pakee bangeett sama karya merekaa.. jadi nagih bacanya.. awalnya gra" ketemu buku nya di gramed, jadi ngepoin dan terdampar di blog kakak ini.. pas masuk ke blog mereka kaya harus daftar gituu.. apa harus pake wattpadd akun gitu daftarnyaa?

Unknown mengatakan...

Tingga Log In aja.pertama buka sih aku langsung nemuim caranya gitu katanya kalian tinggak daftar dengan username yang harus sama kayak di Wattpad,terus tinggal tunggu maksimal 14 hari buat di acc

Unknown mengatakan...

Kalo accnya gasama ama wattpad gamasalah kan ya?

Unknown mengatakan...

mbak sy mau pesan buku2 karya mrk gimana caranya?ada WA tdk?

Unknown mengatakan...

Tolong....saya penggemar berat sairaakira.gimana cara pesan buku2nya.plisssss

novi andriyani mengatakan...

Kayak yang udah ku bahas di paragraf terakhir artikel ini, buku saira akira bisa di beli langsung ke Toko Buku seperti Gramedia / Togamas. Kalo untuk beli online bisa beli ke Grobmart, Bukabuku, Bukukita atau Mizanstore, dll. Cuma kalo beli online hati-hati sama buku bajakan yah :)

novi andriyani mengatakan...

@Balqis dan @Syifa Dulu aku daftar cuma modal email. Tanpa akun wattpad bisa kok, di beranda awal web nya nanti ada pilihan kalo mau daftar. Tinggal sign up aja. Tapi kalo tetep mau sama Akun wattpad mungkin username nya harus sama. Acc ny nggk sama wattpad kayaknya nggk masalah deh ;)

Finapn12 mengatakan...

Mau tanya, buku-bukunya masih tersefia di toko buku atau toko online gak? Stocknya masih banyak kan?

novi andriyani mengatakan...

Di Toko Buku Biasa kayak Gramedia dan di Toko Buku Online masih banyak, mereka nerbitin buku nya sekitar tahun 2017/2018 Jadi masih mudah di cari dan masih banyak banget...

starringworldwide.blogspot.com mengatakan...

aku sebagai pembaca luar indonesia, mengaku yang cerita mereka memang gempak habis. fantasy dia bukan biasa-biasa

Posting Komentar