Pages

Senin, 19 November 2018

Rekomendasi Novel Marriage Life


REKOMENDASI NOVEL MARRIAGE LIFE
By. Novi Andriyani
 
By the way salah satu genre novel yang aku suka adalah romance tapi dengan catatan romance yang nggak menye-menye, yang plot alur ceritanya itu udah mateng. Nggak tentang anak sekolahan yang lagi kena sindrom cinta monyet, melainkan tentang cerita yang lebih dewasa kayak Chicklit, Metropop, Amore, dan lain-lain. Aku juga suka beberapa romance tentang pernikahan alias marriage life. ya meskipun pada kenyataannya aku takut sama pernikahan hahaha...
 
Intinya semua Genre Novel mau Suspen, Mystery, Thriller, Fantasy, YoungAdult, SciFi, Dystopia, dll semua aku suka kecuali Teenlit (remaja). Mungkin karna seiring usia ku juga kali ya, aku udah umur 24 lebih jadi nggak klop aja kalo masih suka sama cerita ababil anak remaja. Nah novel tentang Marriage life sebenernya banyak banget tapi yang nyantol waktu di baca cuma sedikit, di bawah ini bakal tak kasih list rekomendasi beberapa novel marriage life yang aku suka. Okeee tanpa panjang lebar so let's chek it out....

1. LIFE (Uwaraa Montgommery)
Rating Goodreads : 3.83 
[BLURB]
Felicia Ann gadis independen dan tak suka aturan, bersedia menjadi istri untuk suami kakaknya semenjak sang kakak meninggal. Fee tidak hanya berkorban waku, tetapi juga batin demi janji yang dia jaga. “Tekadku bulat saat itu. Aku, Felicia Ann, akan menjaga mereka. Apa pun pengorbanannya”.
Opini : ini novel bercerita tentang pernikahan turun ranjang *bener gitu nggak sih? hahaha, yang buat betah baca novel ini adalah karakter tokoh utamanya bener-bener hidup, bener-bener kuat, tipe independent woman di era milenial dengan segala ke-urakannya. Novelnya rapi, tulisanya rapi, konfliknya juga oke, bagus banget.

2. Tied The Knot: Cinta Datang Saat Terbiasa (Alma Aridatha)
Rating Goodreads : 3.93  
[BLURB]
Tiga hal paling penting bagi Rian dalam hidupnya; Mama, arsitektur, dan tidur panjang di hari Sabtu. apa pun akan dilakukannya demi ketiga hal itu. Ketika Mama menjodohkannya dengan seorang gadis yang tidak terlalu dikenalnya, meskipun ingin menolak, tapi dia tidak sanggup melakukannya. Terutama saat melihat binar penuh harap di mata Mama. Kebebasannya seketika terasa tidak sebanding dengan kebahagiaan mamanya. Bagi Dee, Tante Ratu bukan hanya seorang atasan yang memberinya gaji. Beliau juga menggantikan sosok ibu yang nyaris tidak dikenalnya. Tapi, saat Tante Ratu memintanya menikah dengan putra tunggal beliau yang sudah memiliki reputasi negatif di kalangan perempuan, dia merasa berat untuk menerima. Setidaknya sampai dia melihat bagaimana lelaki itu memperlakukan ibunya. Kata orang, laki-laki yang menghormati ibunya, pasti akan menghargai pasangannya. Tapi, apakah rasa saling menghargai saja cukup untuk menjadi awal dari sebuah pernikahan?
Opini : sebenernya novel Tied The Knot terdiri dari beberapa Tied Series. Ada 3 series yaitu Tied up, Tied The Knot, dan Re Tied. Semuanya bercerita tentang marriage life. Tapi yang paling aku suka adalah Tied The Knot karna ceritanya apa adanya banget, real sesuai dengan judulnya “cinta datang karena terbiasa” mereka menikah karna di jodohkan dan dimulailah cerita kehidupan pernikahan mereka. Satu kata untuk novel karya mbak Alma “Sweet”. Novel ini manis banget, bikin senyum-senyum dari halaman pertama sampe halaman terakhir, Rian emang suamiable banget. 

3. The Dearest (Tinny Najmi)
Rating Goodreads : 3.92   
[BLURB]
Afanin merasa bimbang. Ayahnya baru saja menerima pinangan dari seorang pemuda untuk menikah dengannya—tanpa izin dan sepengetahuannya. Siapa pria itu, Afanin sendiri pun belum mengenalnya sama sekali.  Jika di awal dia dituntut menerima pilihan yang tidak ia inginkan, sekarang dia dipinta memilih pilihan yang membuatnya bingung setengah mati. Menolongnya atau tidak, sama dengan menikahinya atau tidak. Sekarang, semua berada di tangannya. Hati kecilnya tersentuh untuk menolongnya, tapi haruskah ia menikah dengan pria pilihan ayahnya, yang ternyata bukanlah orang yang baik? Yang tidak mencintai dan dia cintai? Haruskah Afanin menghapus seluruh perasaannya pada Arham, pria yang selama ini ia sukai? Ini bukan masalah cinta. Tapi komitmen. Sanggupkah Afanin menjalani semua itu?
Opini : ini novel Semi Islami, cerita tentang gimana perjuangan seorang istri yang setia mendampingi suaminya dari yang suka berbuat maksiat kemudian kembali ke jalan taubat. Kenapa aku bilang novel ini semi islami? Karena kalo di bilang islami banget aku nggak setuju. Kalo setaraf novel Ayat-Ayat Cinta / Ketika Cinta Bertasbih baru aku bilang islami. Novel ini bagus buat orang yang pengen baca romance islami tapi nggak yang kaku banget. Setelah baca novel ini ada satu kalimat yang nyantol di otak ku adalah “Hidup adalah Proses” dan kalimat itu bener-bener di jabarin dalam novel ini.

4. My Perfect Doll (Frisca Marth)
Rating Goodreads : 3.98  
[BLURB]
Berawal dari sebuah tragedi yang merenggut fungsi kedua kakinya, Davina dipertemukan dengan Devon. Lelaki yang tak lain adalah putera dari Alfredo Jonathan, orang yang telah menabrak dirinya. Merasa bersalah atas kelumpuhan yang dialami Davina, sesaat sebelum kematiannya, Alfredo Jonathan memberikan amanat terakhir yang mengejutkan mereka. Devon harus menikahi Davina. Bukan kebahagiaan layaknya sepasang suami istri yang memadu kasih, Devon memperlakukan Davina seperti boneka yang tak bisa merasa sakit bila dipermainkan, tak bisa merasa sedih bila dihina. Di mata Devon, Davina adalah penyebab kematian ayahnya. Hingga akhirnya sosok lelaki lain hadir dalam hidupnya. Sosok sahabat yang ternyata memendam cinta untuknya. Saat itulah Davina harus memilih, mengorbankan perasaannya demi memenuhi amanat ayah Devon, atau belajar mencintai lelaki yang sudah ia anggap sebagai sahabat.
Opini : salah satu novel hurt marriage. Novel ini dari halaman pertama ceritanya udah menyedihkan banget. Hidup Davina di uji dengan berbagai cobaan, di tambah lagi punya suami yang arrogant. Sumpah, aku kesel sama novel ini, kok segitu merananya hidup si Davina ini. Sebenernya aku berharap plot ceritanya bisa di kembangkan lagi. Pun dengan Konfliknya bisa lebih menyayat lagi karna emang intronya udah bagus banget, udah sukses bikin kesel tapi sayangnya ekspektasi ku ketinggian. Overall novel ini bagus cuma endingnya kurang nendang aja...

5. We Are Your Fault (Greya Craz)
[BLURB]
Bermula dari One Night Stand tak terduga, Rere terpaksa menikah dengan seorang pria arogan bernama Kenzo Adigama, Demi menjaga nama baiknya. Menurut Rere, Janda tak perawan jauh lebih baik daripada Gadis namun sudah tak perawan. Meski Pernikahannya dibangun tanpa cinta. Rere tetap bersikap layaknya seorang istri. Sedang Kenzo yang tetap ingin bebas, malah memanfaatkan Rere untuk urusan pribadinya dan menganggap wanita itu tak lebih dari seorang pembantu. Ketika Rere sampai pada batas kemampuannya untuk bertahan. Secercah keraguan untuk berpisah justru menyusup ke hati Kenzo, ketika perlahan ia menyadari sebagian hati telah dikuasai oleh Rere. Akan tetapi, belenggu masa lalu mengusik pria itu, seakan tak rela melepaskannya begitu saja. Berada di antara cinta masa lalu dan masa depannya bersama Rere, Kenzo berpikir, betapa takdir mengejek dirinya yang tak pernah bersahabat baik dengan cinta.
Opini : novel ini bercerita tentang MBA alias Marriage by Accident. Novel ini ngegemesin, lucu tapi bikin nyesek juga. Rasa novel ini campur aduk, kayak kalian beli roti komplit ada semua rasanya. sayangnya pas di tengah dan ending ceritanya kayak ngambang, hilang arah dan kayak kurang sesuatu, akupun bacanya jadi rada bosen sih. Terlepas dari opini ku itu novel ini ringan dan bagus, kalian harus baca deh...

6. Mahogany Hills (Tia Widiana)
Rating Goodreads : 3.9  
[BLURB]
Jagad Arya dan Paras Ayunda mendapatkan kehidupan yang mungkin diharapkan oleh semua pasangan pengantin baru. Segera setelah menikah, mereka tinggal di rumah bernama Mahogany Hills, di pelosok pegunungan Sukabumi yang sejuk dan indah. Yang membedakan Jagad dan Paras dengan pasangan pengantin lainnya adalah mereka menikah bukan karena cinta. Baik Jagad maupun Paras punya rahasia yang mereka pendam. Kesepian, amarah, dan penyesalan bercampur aduk dengan rasa rindu dan kata cinta yang tak pernah terucapkan—semua itu senantiasa menggelayuti Mahogany Hills. Dengan caranya masing-masing, Jagad dan Paras berjuang untuk menghadapi satu pertanyaan yang pada suatu titik harus mereka jawab: Sanggupkah mereka bertahan dalam pernikahan yang tak sempurna itu?
Opini : novel ini adalah pemenang juara pertama sayembara lomba novel genre Amore yang di helat Gramedia. Bagus sih cuma aku kurang suka sama endingnya, kayak sinetron banget. Padahal di intro udah kesusun rapi, bagus, dan kerasa banget pengembangan karakter maupun alurnya, tapi sayang aja sama endingnya. Terlepas dari itu, novel ini termasuk salah satu novel Amore yang wajib di baca...

7.      Love, Interrupted (Maya Lestari Gf)
Rating Goodreads : 3.72 
[BLURB]
Sungguh berisiko menerima perjodohan dengan lelaki yang mengaku mencintai orang lain. Itu yang terjadi pada Aisha ketika dijodohkan dengan Axel. Pilihan yang tersedia untuk Aisha cuma dua: pura-pura bahagia hingga ia dan Axel berpisah setahun kemudian, atau mengabaikan sama sekali seakan pernikahan tidak pernah terjadi. Tapi, Aisha memutuskan ada pilihan ketiga: membuat Axel jatuh cinta padanya. Dia yakin hati lelaki sekeras apa pun pasti bisa ditaklukkan selama perempuan memegang kunci-kuncinya. Namun dengan adanya perempuan lain yang selama ini berada di hati Axel, mampukah Aisha meluluhkan kekerasan hati Axel dan membuat pria itu jatuh cinta padanya?
Opini : novel amore kedua, novel ini punya alur yang lambat banget dan lumayan detil. Axel sukses jadi bulan-bulanan makian para readers soalnya ngeselin banget sumpah! Tapi di situlah nilai + nya. penulis bisa bawak readers ke dunia novel ini. Rekomended bagi kalian yang mau baca novel hurt marriage tipe alur yang super lamban. Intinya harus punya kesabaran tingkat tinggi sangking lambat nya wkwkwk...

8.      Marriagable: Gue Mau Nikah Asal... (Riri Sardjono)
Rating Goodreads :   3.75  
[BLURB]
“Kenapa, sih, gue jadi nggak normal cuma gara-gara gue belom kawin?!”
“Karena elo punya kantong rahim, Darling,” jawab Dina kalem. “Kantong rahim sama kayak susu Ultra. Mereka punya expired date.”
“Yeah,” sahutku sinis. “Sementara sperma kayak wine. Masih berlaku untuk jangka waktu yang lama.”
Mamz pikir aku belum menikah karena nasibku yang buruk. Dan kalau beliau tidak segera bertindak, maka nasibku akan semakin memburuk. Tapi Mamz lupa bertanya apa alasanku hingga belum tergerak untuk melangkah ke arah sana. Alasanku simple. Karena Mamz dan Papz bukan pasangan Huxtable. Mungkin jauh di dalam hatinya, mereka menyesali keputusannya untuk menikah. Atau paling tidak, menyesali pilihannya. Seperti Dina, sahabatku.
Opini : novel ini cadas! isinya cerdas banget, bener-bener bagai angin segar. Banyak istilah kekinian dan banyak opini cadas nan kritis, kayak "kenapa sih kita harus menikah?" meski bahasan novel ini nggak terlalu mendalam tentang pernikahan tapi tetep aja novel ini patut di baca, sederhana and relaxing. Tipe-tpe novel yang nggak ngebosenian buat di re-read.
 
 9. DAYA ( Tjitsar )
 [BLURB]
Setiap dia bangun pagi, Dayu hanya ingat betapa dia membenci Sabta, terlebih lagi keluarga besar suaminya. Kalau ada yang harus di salahkan atas pernikahan mereka, orang itu adalah Sabta, putra kebaggan mereka. Sabta hanya tahu perempuan inilah yang menghancurkan semua rencana masa depannya. Menggagalkan peernikahanya dengan Rachel, yang mana membuatnya kehilangan posisi penting di kantor. Dia bersumpah pernikahan ini akan jadi neraka untuk Dayu. Dia tidak akan melewati satu tahunpun bersamanya.
Opini : Menurutku dari semua novel marriage life yang ku rekomendasikan disini, Daya adalah yang paling bagus dan paling wajib di baca. Awalnya sangsi sih, aku mikirnya palingan juga ceritanya mainstream ala kadarnya, tapi heiii don’t judge book by the cover. Asli bagus banget. Daya adalah novel marriage life dengan paket lengkap. Dari awal baca aku kayak sakit hati karna gemes terus di seperempat awal aku ketawa-ketawa karna lovey doveynya, nah pas di tengah sampe ending cerita aku tersedu-sedu. Penulisnya bener-bener berhasil ngebolak-balik perasaanku, emosi ku terjajah karna novel ini. Parah sih ini novel keren banget, aku sampe kayak nggak terima dan ikhlas secara bersamaan pas di endingnya. Bayangin gimana tu bisa kayak gitu? Yang paling tak inget dalam novel ini adalah kalimat ini “aku nggak tahu kalo mencintai seseorang bisa sesakit ini” duhhh nyessss banget pokoknya. Saat ini novelnya belum di buku-kan, tapi kayaknya nggak lama lagi bakal di lirik penerbit mayor deh secara selain emang alurnya bagus, tulisan nya juga udah rapi untuk taraf tulisan lepas. Ter-the best lah, rasanya mau sungkem sama penulisnya wkwkwk...
 
10. Believe In Love (Leonna Amorette)
 [BLURB]
Lika-liku pernikahan seorang Widya Anandari dan Aras Yatalana. Cinta, gengsi, cemburu. Aku masih sangsi apakah pernikahan ini akan baik-baik saja sementara ada beberapa hal yang sulit disatukan dari kami berdua. Kami dijodohkan. Aku tidak suka dengan nya begitupun diri nya, dia punya pacar begitu pula dengan ku. Aku selalu bertanya-tanya, pernikahan seperti apa yang sedang kami jalani.
Opini : Menurut ku novel ini punya racikkan yang pas di sana-sini, setelah ngabisin 66 bab aku bisa tersenyum puas. Suka banget sama karakter Aras yang cowok banget, manly banget, gentelmen banget. Tipe karakter cowok yang keras kepala dan mikirnya logika banget. Berasa real aja gitu. Yang bikin novel ini hidup ya si Aras, meskipun dia cinta tapi dia nggak jadi bucin mendadak. Aku suka banget sama pertengkaran mereka yang pada nggak mau ngalah tapi masuk akal, interaksi antara Aras dan Widya menghibur banget. Nggak ngebosenin buat di re-read. Kalian coba deh baca, pasti bakal jatuh hati sama Aras yang laki banget ini hahaha...

11. Marriage Deals (Liarasati)
[BLURB]
Sudah lama sejak Alvin menyandang status duda, ibu mertua dan kakak iparnya terus saja merecoki kehidupannya dan putri semata wayangnya. Alvin meyakini masalah yang dihdapinya bukanlah besar, hanya saja akan melilit jika dia tidak juga bergerak. Di saat yang sama, Amira Jayanti, seorang gadis belia, pembantu di rumah ibunya, dengan berabi melamarnya. Sama-sama memiliki tujuan, Alvin pikir pernikahan itu tak akan sulit dijalani. Tampan, mapan, Alvin yakin dirinya akan memimpin permainan. Namun nyatanya bertemu dengan Amira, seolah membuka kotak pandora. Ada apa dengan gadis itu? Berani-beraninya dia membuat Alvin terus-menerus memikirkannya.
Opini : aku ngikutin novel ini dari pertama kali penulisnya bikin draf ancang-ancang sampe dia rajin posting seminggu sekali, hiatus, balik rajin posting lagi, sampe ceritanya tamat dan akhirnya di buku-kan. Seneng banget sama alur ceritanya, ringan dan nagih. Aku suka sama cara pandangnya Alvin dalam ngeliat masalah, dia selalu lihat dari dua sisi jadi kesannya bijak aja gitu. Penulis juga berhasil ngegambarin karakter Alvin sebagai seorang "Ayah Muda" yang emang diumur dewasa tapi masih nggak ninggalin tingkah jenakanya. Sebenernya konfliknya bagus banget buat di gali ke akar-akarnya, bisa lebih rumit lagi karna permukaannya udah bagus dan sebenernya materinya banyak banget karna pas di ending masalah utamanya kayak masih belum kelar gitu, tapi kayaknya penulisnya mau yang ringan-ringan lovey dovey aja. Nggak masalah kok, ini juga udah menghibur. Sebagai readers aku suka dan pastinya juga rekomen buat kalian baca hehee....
 
***********

Oiya buat kalian yang belum tau dan mungkin lagi keranjingan banget sama cerita novel tentang kehidupan pernikahan alias marriage life, kalian bisa cek novel - novel Le Marriage dari Elex Media. Le Mariage adalah lini pertama novel terbitan Elex Media Komputindo. Yang jelas, Le Mariage adalah lini yang  memayungi kisah romance tentang kehidupan pernikahan, nggak cuma membahas tentang manisnya pernikahan tetapi juga perjuangan untuk terus bersama dengan orang yang dikasihi *eaaaa... Tapi maaf banget dari sekian banyak novel dari lini ini belum ada yang nyantol ke aku, makanya nggak ada yang masuk dalam list rekomendasi ku. Mungkin nanti kalo ada yang klik sama aku bisa langsung aku share... Tapi jangan takut ya, siapa tau kalian cocok jadi di coba aja *apaan sih? hahaha......


7 komentar:

Zahroh R J A mengatakan...

item no. 9 dan 10 aku gak bisa download pdfnya hhuhuhuhu , mungkin belum publish , masih proses cetak

novi andriyani mengatakan...

tunggu aja bukunya terbit bisa langsung di beli ke toko buku ato bisa beli ebook resminya di google play books melalui google play store :)

sas mengatakan...

kalau aku suka bgt sama about him sucks nya kak liarasati. gemes bgtt

Anonim mengatakan...

Setuju banget sih kak sama nomer 9, mau baca berapa kalipun masih teraduk-aduk sama alurnya.

Kasandradini mengatakan...

novel daya bagus banget, berapa kalipun ngulang baca ga pernah bosen untuk dibaca lagi karna alurnya yg bagus dan bikin perasaan pembaca ikut campur aduk

reza mengatakan...

lumayan buat tambahan rekomendasi bacaan

Apa itu kuota edukasi

Anonim mengatakan...

susah bngt cari novel daya kak, dmn mana udah sold

Posting Komentar