Pages

Rabu, 08 Maret 2017

#Noviandriyani - Aku Dan Kurang Gizi


- AKU DAN KURANG GIZI -
By. Novi Andriyani
Ini judul nggak jelas yang kesekian, oke baiklah kali ini aku mau membahas tentang keadaan fisikku karena ini merupakan wujud pelampiasan karna akhir-akhir ini nyonya besar di rumah sering banget nge-bully, bilang kalo aku adalah anaknya yang kekurangan gizi dan parahnya lagi si nyonya besar ini berkoar-koar sama seisi rumah, sama para tetangga,  bahkan sama ponakan ku yang baru umur 2 tahun *yang belom ngerti apa-apa -_-".
 
 Nyonya besar dengan bangganya dia bilang gini “tante kamu itu lo kayak orang kurang gizi” atau kayak gini kalo ngomong sama tetangga “Oh...iya yani itu emang kurang gizi makanya badannya nggak normal gitu” nah kalo sama aku beliau langsung bilang gini “makanya makan itu yang banyak! Yang teratur! Biar nggak kurang gizi, jadi orang kok kurus krempeng!” Astaga... aku langsung mikir ibu macam apa ini? Beliau mem-bully di setiap tempat, setiap waktu dan setiap moment...Well thankyou so much mom, udah buat aku sampe rasanya penggen gali kubur sendiri. I love you forevelah hahaha...

Oke baik, maafkan intro ku yang selalu kepanjangan... Sekarang aku mau bahas alasan kenapa aku dibilang kurang gizi. Sebenernya yang dikatakan sama nyober alias nyonya besar itu nggak ada yang salah, bukan berarti aku setuju kalo aku ini termasuk dalam spesies manusia dalam list manusia kurang gizi, tapi yang beliau katakan itu benar adanya dan sesuai fakta yang ada dan terpampang nyata. Kalo kalian ketemu dan liat bentuk fisik asli ku, aku yakin kalian juga mikirnya gitu sih...
Tinggi badan   : 150 cm
Berat badan     : 36 kg
Umur               : 25 th (25/09/2020)
Nah dari data diatas menjelaskan kalo aku emang nggak punya badan yang normal, seharusnya dengan tinggi yang segitu normalnya aku harus punya BB minimal 40 kg. Tapi apa daya, rekord BB ku terberat cuma sebatas 38 kg dan itu cuma bertahan satu bulan setelah itu kembali terjun bebas di angka 35-36-37 *miris bangt emang.

Untuk ukuran seorang wanita dewasa seharusnya aku punya badan yang yahhh minimal berisi lah, tapi nyatanya badanku benar-benar kurus kerempeng kayak triplek, dan karena aku pendek sekaligus kurus serta selera fashion ku yang masih kayak anak ABG, aku sering di kira anak SMA umur 16 th, tapi aku ngggak kaget sama sekali karena udah lumayan kebal sama pertanyaan gini :
  • “Masih SMA ya dek? Sekolahnya dimana?”
  • “kelas berapa dek”
  • “ooo anak ibu itu masih seumuran loh dek sama kamu, masih 16 th”
  • “dek ini cuma boleh masuk kalo usianya udah 18 th ke atas, anak SMA belum boleh”
Kadang yang nanya bahkan masih jauhhh lebih muda dari pada aku, eh malah sok-sok-an manggil “dek”. Pernah juga bahkan anak SD kelas 6 ngira aku anak SMP, dia nanya gini “ayuk smp kelas berapa? tahun depan aku juga mau masuk smp lo, ayuk smp dimana?” ihhh ngeseli padahal saat itu aku udah kuliah semester 4, pengen rasanya teriak tapi sudahlah...Nah pertanyaan sekaligus pernyataan sotoy dari orang-orang random yang nggak sengaja ketemu itu udah sering banget, aku jadi kayak udah kebal gitu sama kekeliruan orang, yaaa mau gimana lagi begitulah adanya sih...
 
  • Dulu waktu aku udah jadi anak SMP dikira masih SD, 
  • Waktu udah jadi anak sma dikira anak SMP 
  • Nah waktu kuliah pun masih di kira anak SMP
  • udah lulus kuliah masih dikira anak SMA...
  • Bahkan pas udah kerja aku masih di kira anak kuliah....
 lanjut cerita lagi ya, Ini bener-bener kenyataan yang menyedihkan... penah ni ya ada cerita, sekitar tahun 2016 lalu lah, jadi waktu itu kami sekeluarga mudik ke rumah nenek di Tasik Malaya. Nah kami, khususnya aku kan jarang ketemu sama sodara disana, kalo cuma sebates keluarga deket sih sering tapi kalo udah disanakan ngumpul tuh bareng kerabat-kerabat jauh, nah ada ibu-ibu nanya gini ke Nyonya besar :
Si ibu               : “ini teh si bungsunya kang kardim ya ?” *nanya ke nyober
Nyober             : “iya, anak bungsu nomor tiga*nyober sama aku senyum-senyum gaje gitu
Si ibu               : “ooo....geulish ya, engges SD kelas saberaha?”
DUARRRR!!!!
Kayak disambar petir rasanya! Aku sama nyober langsung bersitatap menyisahkan momen krik-krik diantara kami dan si ibu kerabat jauh itu, terus nggak lama dari itu si nyober yang duluan pulih dari rasa syok yang di timbulkan ibu depan kami, nyober ngejawab gini : "emm...dia udah lulus kuliah". Saat itu aku bisa liat petir yang tadi menyambar kami kini berbalik arah menghantam ibu itu, sumpah aku bisa liat wajah yang pucat pias selama beberapa detik, setelah itu si ibu baru kembali ke alam sadarnya, terus ibu itu bilang gini :
Si ibu : "Ooo... ente keliatan ya, badannya maneh kecil pisan hehe". 
Kalian tau setelah itu apa yang terjadi? Awkward momen melanda kami bertiga. Sungguh double menyedihkan...

Jadi ya sampe sekarang orang-orang masih sering salah sangka dalam mempretasikan umur ku, rasanya pengen teriak kenceng gitu terus ngomong gini :
 “I AM NOT TEENAGERS I AM ADULT!” tapi.... ah sudahlah...

Oke kita balik lagi ke topik utama tentang kurang gizi
Ngomongin masalah gizi sebenernya di rumah kami itu sudah lebih dari cukup kalo setiap hidangan makanan yang di buat nyober, beliau selalu memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna yang sekarang lebih dikenal dengan Gizi Seimbang, terbukti dengan isi kulkas yang nggak pernah kosong tanpa bahan makanan dan badan bapakke yang semakin lama semakin sejahtera, masalah sebenarnya ada pada aku, pada diriku sendiri dan aku sadar penuh akan hal itu *ini ngomongin apa sih? Jadi meski di rumah selalu tersedia gizi seimbang tapi pola makan ku yang nggak teratur dan nggak sehat...
  • aku tipe yang jarang banget makan kalo nggak bener-bener kelaperan
  • aku nggak pernah makan 3x sehari
  • aku juga jarang ngemil 
  • aku nggak suka susu
  • kalo aku makan cuma 4-5 sendok aja 
  • dalam sehari aku Cuma bisa minum ±600 m air putih aja *poorginjal
  • aku bisa dibilang nggak pemilih kalo masalah makanan, apa aja bisa tak makan dan cuma beberapa yang nggak mau tak sentuh, kayak :
  • aku nggak suka makan kulit (kulit ayam, kulit ikan, kulit sapi)
  • aku nggak suka makan tetelan atau yang berlemak-lemak/berminyak-minyak
  • aku nggak suka makan nanas 
  • aku nggak suka makan kentang (kecuali di iris super kecil-kecil) 
  • aku nggak suka makan semua jenis labu (kecuali labu siam) 
  • aku nggak suka makan cumi kalo cuminya di potong (cuminya harus utuh)
  • aku nggak suka makan kuning telur kalo direbus
  • aku nggak suka makanan yang masih juisy jadi harus mateng 100%
Sebenernya aku doyan jajan dan termasuk dalam kategori boros kalo udah ketemu sama jualan makanan, kalo di rumah denger kentongan gerobak dorong abang-abang jualan gitu, aku bisa lari ngiprit ngejar tu abang kayak anak sd, tapi yang tak beli itu selalu berakhir dengan mengenaskan karena misal kalo aku beli satu porsi palingan cuma tak makan beberapa sendok aja, jadi sisanya malah sering kebuang *mubazir nov...

Jadi ya intinya  aku sama sekali nggak ada nafsu makan, kenapa nggak minum multivitamin aja? Atau penambah nafsu makan? Jawabanya adalah “malas” karena masa kecilku tak habiskan dengan minum sirup-sirup penambah nafsu makan sekaligus minyak-minyak ikan yang selalu mbuat mual setelah minum nya, jadi aku kayak trauma gitu sama obat, suplemen ato mulivitamin sejenis itu tapi hasilnya tetep gini-gini aja, nggak ada nafsu makan.  “berarti kamu anoreksia? Bahaya nov, harus segera terapi sebelum tambah parah! : nggak kok, aku nggak anoreksia aku masih mau makan cuma nggak banyak aja “kali aja kamu cacingan nov? : mungkin iya hahaha. “tentang kamu kurang gizi? kayaknya sih iya, tapi aku nggak pernah cek ke dokter sih....



image source : http://www.pngmart.com/image/117259
 

0 komentar:

Posting Komentar