Pages

Sabtu, 10 Agustus 2019

Macam – Macam Genre Novel


MACAM – MACAM GENRE NOVEL
By. Novi Andriyani
Genre novel merupakan kata serapan yang merujuk pada ragam kaidah yang di pakai dalam karya seni dan budaya. Ragam kaidah tersebut mempunyai patokan dan ciri khas yang membedakan satu dengan yang lain. Seperti hal nya novel juga mempunyai macam genre tersendiri. Selain untuk pembeda, genre juga bisa menentukan pasar pembaca. Sehingga penting untuk memahami berbagai macam novel sebelum menulis maupun membaca novel.


A.     Macam Genre Novel Berdasarkan  Kenyataan Ceritanya:

1.        Novel Fiksi
Novel yang di tulis berdasarkan kejadian yang tidak pernah ada. Cerita di dalamnya di buat berdasarkan khayalan dan imajinasi penulis. Contohnya adalah The Hobbit.
 
2.        Novel Non Fiksi
Novel yang di tulis berdasarkan kejadian nyata yang memeang pernah terjadi. Cerita nya tentu saja berdasarkan fakta.bisa dari pengalaman penulis atau orang lain. Contohnya adalah laskar pelangi. 

B.      Macam Genre Novel Berdasarkan Jenis Ceritanya:
1.      Genre Romance
2.      Genre Fantasy
3.      Genre Mystery
4.      Genre Thriller
5.      Genre Crime
6.      Genre Sci-Fi (Sience Fiction)
7.      Genre Horror
8.      Genre Comedy, Humor
9.      Genre Dystopia, Utopia,
10.  Genre Adventure
11.  Genre History
12.  Genre Drama
13.  Genre Sastra
14.  Genre Filsafat

15.  Genre YA (Young Adult)
Adalah novel remaja dengan tokoh anak SMA – Kuliah. Topic bahasanya lebih mendalam, bisa tentang persahabatan dan cinta tapi unsure psikologisnya lebih dalam. Contoh the fault in our stars.

16.  Genre YARN (Young Adult Realistic Novel)

17.  Genre Teenlit
Adalah novel remaja dengan tokoh anak SMP-SMA, yang bercerita tentang topic seputar persahabatan, cinta remaja usia sekolah. Novel teenlit adalah bacaan yang sangat ringan biasanya dilengkapi dengan  konflik yang sederhana. Contoh novel Dilan 1990.

18.  Genre Chicklit
Di ambil dari 2 kata yaitu chick dan lit. chick biasanya merupan sebutan untuk wanita dewasa modern, dan lit sendiri merupakan kendekan dari literature. Jadi chicklit dalah genre yang bertema tentang kehidupan wanita lajang pada umumnya yang sedang mencari cinta, juga seputar pekerjaan, karir juga isu keluarga. Punya tagline “being single and happy”.

19.  Genre Metropop
Adalah genre novel yang Membahas tokoh dan kehidupan dunia urban / pekerja muda dengan segala kompleksitasnya. Setting di kota, tema bisa apa saja, mulai dari bahasan cinta, pernikahan, pekerjaan,hingga keluarga. Tokoh utama bisa pria maupun wanita. Boleh san ending ataupun happy ending. Bedanya dengan chicklit, metropop menekankan cerita pada kehidupan metropolitan yang dianggap modern. Contoh Metropop : Resign.

20.  Genre Amore
Adalah novel yang focus utamanya pada kisah cinta, dengan tokoh utama perempuan. Novel ini biasanya berakhir dengan happy ending. Menurutku novel amore itu menye-menye cewek banget, kadang salah kaprah dikit kayak sinetron. Mungkin karnya topic utama nya cinta jadi ya gitu deh. Contoh amore : Mahogany Hills.

21.   Genre Hisrom (History Romance)
Novel hisrom menyediakan sebuah penceritaan romance dengan latar waktu sebelum abad 20. Biasanya latar yang digunakan di tahun 1900an gitu, dengan konflik terkait budaya dan kondisi di zaman tersebut. Ada yang mengangkat tema emansipasi, ada juga yang mengangkat tema pergolakan antar masyarakat. Dan pastinya, tema tersebut juga dibumbui kisah cinta.

22.  Genre Harlequin
Sebenernya Harlequin adalah merk dagang penerbitan dari Toronto, Kanada yang dibentuk tahun 1949. Nama lengkapnya adalah Harlequin Enterprise dan penerbitan ini memfokuskan dirinya pada satu genre yakni romance. Jadi sebenernya Harlequin masih termasuk dalam genre Roman. Roman Picisan tepatnya. Kenapa aku buat sub tersendiri? Karena Sebenarnya penerbit ini yang bisa dibilang mendominasi pasar, jadilah citra buku2 roman picisan melekat pada nama Harlequin ini.

Sumber :
https://arbysan.wordpress.com/2014/06/01/jenis-genre-buku-dan-sekilas-penjelasannya/

1 komentar:

reza mengatakan...

aku suka banget dengan penjelasannya

Apa itu kuota edukasi

Posting Komentar