Pages

Senin, 27 Agustus 2018

7 Idol Kpop Berasal Dari Thailand


7 IDOL KPOP YANG BERASAL DARI THAILAND
By : Novi Andriyani
Sejak tahun 2009 hingga sekarang, dunia hiburan Korea Selatan menjadi perhatian dunia. Hallyu Wave menyebar ke berbagai belahan dunia. Tapi ternyata para artis-artis Korea Selatan ini nggak semuanya berasal dari Korea loh. Beberapa dari mereka ada yang berasal dari China, Jepang, bahkan Thailand. Berkarier di industri hiburan Korea Selatan dikenal menjadi salah satu hal yang tersulit di Asia sebab butuh disiplin, kerja keras, dan keteguhan yang luar biasa. Berbagai artis yang sukses debut adalah mereka yang memiliki bakat cemerlang dan telah melalui training dalam waktu yang lama. Di tengah persaingan industri hiburan Negeri Gingseng yang cukup keras, ternyata juga terdapat beberapa idol asal Thailand yang mampu bersaing dan akhirnya sukses meraih karier. Beirkut 7 artis Thailand yang berhasil debut bersama sederet boy dan girl group.

1.        Nickhun - 2PM
Pria kelahiran Amerika Serikat, 24 Juni 1988 ini memiliki nama lengkap Nichkhun Buck Horvejkul. Nickhun adalah idol Korea pertama yang berasal dari Thailand. Nichkun merupakan anggota 2PM Debut di tahun 2008 yang merupakan boyband di bawah agensi JYP Entertaiment. Memiliki visual yang luar biasa ganteng, tentunya ia langsung populer walau saat itu agak aneh mengetahui idol Korea yang ternyata orang Thailand. Meskipun berasal dari Thailand, ia bisa menguasai 4 bahasa lainnya seperti Korea, Mandarin, Jepang dan Inggris. Sejak menjadi seorang idol di Korea Selatan, Ia pun turut aktif mensupport Thailand dengan menjadi duta pariwisata Thailand. Ia menjadi panutan dan dielu-elukan warga Thailand akan kesuksesannya di dunia K-pop dan mampu mengharumkan nama Thailand. Bisa dibilang Nickhun pelopor pertama orang Thailand yang sukses debut di negeri Ginseng, Korea Selatan.

2.        BamBam - GOT7
Pemilik nama asli Kunpimook Bhuwakul ini debut di Korea Selatan bersama GOT7 pada 2014 lalu. idol kelahiran 1997 ini, memiliki segudang bakat seperti rap, presenting, dance, akting dan menulis lirik lagu. Sebelum debut sebagai personel GOT7, ia pernah memenangkan kontes menari Rain Cover Dance di Thailand pada tahun 2007. Awalnya BamBam hanya seorang cover dance, ia mengikuti audisi JYP Entertainment sesuai keinginan sang ibunya. Bambam mengikuti training selama tiga tahun di JYP Entertainment dan akhirnya dia debut bersama GOT7. BamBam menjadi adik asuh di agensi yang sama dengan Nickhun 2PM.

3.        Mint - Tiny-G
Mint Tiny G memiliki nama lengkap Goonshipas Peonpaweevorakol lahir di Bangkok 23 Juni 1994. berasal dari Thailand. Mint memiliki kemampuan menari sejak usianya 5 tahun. Pada usia 11 tahun Mint pernah menjadi penari untuk solois Thailand, Thongchai Mclntyre. Ditemukan oleh LOEN Entertaiment, akhirnya Mint diajak bergabung bersama Tiny G dan debut pada tahun 2012.

4.        Sorn - CLC
Memiliki nama lengkap Chonnasorn Satchakun, Sorn berhasil bergabung menjadi member CLC dibawah naungan Cube Entertainment pada 2015. Idol yang memiliki wajah seperti Selena Gomez ini, merupakan penyanyi asal Thailand lainnya yang sangat berbakat. Sebelum masuk Cube Entertainment dan debut bersama CLC, Sorn pernah memenangkan kontes idola survival KPOP Star Hunt musim pertama di tahun 2011 yang diadakan di 5 negara Asia.

5.        Ten - NCT
Idol yang lahir dengan nama Chittaphon leechaiyapornkul ini tergabung dalam grup NCT di bawah naungan SM Entertainment. Dia berhasil mencuri perhatian karena bakat menari yang dimilikinya. Cowok kelahiran 27 Februari 1996 ini berasal dari Bangkok, Thailand. Ia diterima di SM Entertainment pada tahun 2013 melalui sistem SM Global Audition di Thailand. Ten  pernah memenangkan tempat kedua dalam kompetisi audisi idola di Thailand. dia menjadi keturunan Thailand pertama yang bergabung dengan agensi SM Entertaiment dan debut bersama NCT. Fyi, Ten adalah bias ke-tiga ku di NCT selain Jaemin dan Lucas. Menurutku sejauh ini Ten adalah dancer terbaik yang pernah ada di Kpop hallyu. Selama 10 tahun aku jadi kpoppers baru pertamakali ini aku nemuin orang yang ngedance nya tu beda. Kayak dia di lahirkan untuk menari gituloh. Ngerti nggak ? Gini semua idol kpop bisa menari tapi yang punya x factor nggak semua nya. Dan Ten adalah si pemilik x factor tersebut. Coba deh kalian lihat setiap dance practice nya ten, atau setiap mereka tampil live atau fancam live nya atau pas Ten ikut survival Hit The Stage. Pasti Kalian bakalan setuju kalo Ten punya "sesuatu" yang nggak dimiliki idol lainya even dancing machine pun. Nanti aku juga bakalan post tentang Ten NCT secara khusus. Tungguin yahhh...

6.        Lisa - BLACKPINK
Gadis kelahiran Bangkok, 27 Maret 1997 ini memiliki nama lengkap Panpriya Manoban / Lalisa Manoban. Dia mulai bergabung dengan YG Entertaiment saat berhasil memenangkan audisi yang dilakukan di Thailand. Maknae dari girlgroup BLACKPINK ini, merupakan satu-satunya idol asal Thailand yang berhasil debut sebagai penyanyi di YG Entertainment. Bakat dance dan rap yang memukau berhasil membius jutaan fans untuk menjadikannya seorang idola ditambah lagi dengan wajahnya yang cantik dan penampilannya yang swag. Kemampuan menari yang dimiliki Lisa memang di atas rata-rata sehingga dirinya memang pantas menjadi bagian dari Blackpink. Ia juga teman masa kecil dari Bambam GOT7. Sama seperti BamBam, mengawali kariernya sebagai cover dance di Thailand, ia tergabung dalam dance crew We Zaa Cool. Selain berteman denkat dengan bambam, Lisa juga berteman dengan Sorn CLC dan Minnie G-idle.

7.        Minnie - G-IDLE
Minnie memiliki nama lengkap Minnie Nicha Yontararak adalah Lead vocal girlband G-idle yang debut dibawah agensi Cube entertainment pada tahun 2018. Minnie lahir pada 23 Oktober 1997. berasal dari Thailand. Ia bisa berbahasa Thailand, Korea dan Inggris. Dia pernah menjadi model kosmetik “Rising Star Cosmetics”. Minnie memperkenalkan dirinya sebagai “(G)I-DLE ATTRACTIVE VOICE”. Suara Minnie sangat khas karena selalu ada kesan Manja di setiap lyric lagu yang di nyanyikan nya. Menurutku wajah Minnie mirip dengan salah satu artis indonesia Natasya Wilona.
    

                                       *******
Note : Bambam pernah ngomong kalo setiap dia ngeluh, capek dan rindu rumah nya dia selalu curhat ke Nickun dan nickun bakalan ngehibur dia. Bambam juga membeberkan bahwa mereka punya grup chat Thailand squad. Yang isi nya para idol kpop dari thailand. Bambam bilang kalo dia dan Lisa lagi nggak ada jadwal mereka sering meet up. Sedangkan kalo sama Ten, karna Ten dari SM Ent jadi agak ketat dan Ten susah buat keluar hang out sama mereka. Jadi jarang ketemu sama Ten. Nah kalo sama Sorn, mereka juga sering meet up.

Note : Lisa dan Ten pernah jadi satu patner dance di acara SBS Gayo Daejun *sumpah ini nagih banget 2 dancing machine kpop idol asal thailand satu panggung kolaborasi. Sayang nya bentar doang. Kurang lama!!!

Note : Dalam satu wawancara Sorn pernah ngungkapin kalo setiap mereka meet up, mereka sering nggosipin agensi mereka masing-masing. Mereka bakalan ngomel "agensi ku begini begitu", "oh, agensi ku juga begitu".

Note : Lisa dari kecil memang udah kenal sama bambam dan nickun. Nah awal kenal dengan Sorn karena satu tempat Les vocal. Terus lisa ngenalin Bambam ke Sorn dan Sorn ngenalin minnie ke mereka (secara kan sorn dan minnie satu agensi) trus bambam ngenalin mereka ke Ten. Terjalinlah lingkaran pertemanan Thai squad. Sebenernya banyak sih squad* yg dari negara yang sama misal sesama china, Jepang, Amerika, dll. Tapi mereka nggak sekompak Thailand. Jadi Thai squad selain dari sebelum debut mereka udah pada kenal, mereka emang Squad yang khusus. Beda aja gitu...

Note : selain mereka punya kesamaan di bidang seni, yang menarik adalah seluruh idol yang berasal dari Thailand lancar bicara pake bahasa inggris. Jadi bahasa inggris bener-bener second language bagi mereka. Dan ini salah satu yang membedakan idol kpop thailand dengan idol kpop yang berasal dari China / Jepang. Dengan bisa bicara bahasa inggris jelas ini jadi nilai plus dari idol kpop asal Thailand. Keren yah...


***********
Sumber :

************
2PM 
GOT7
TINY G
CLC
NCT
BLACKPINK
G-IDLE
MINNIE - SORN - LISA




0 komentar:

Posting Komentar