Pages

Jumat, 02 Juni 2017

MUSIK : Alternative Rock Terbaik


ROCK ALTERNATIVE TERBAIK
By. Novi Andriyani
Woahh apa yang ada di otak kalian tentang lagu rock? Iya sama otak ku juga mikirnya gitu *emang apaan? Jangan sok jadi cenayang deh nov. Menurut ku lagu yang punya genre rock itu keren. Kalo kalian nanya gini “nov kamu suka lagu rock ya?” maka jawabanya adalah Yes! suka banget. Aku paling suka sama yang namanya alternative rock tapi kalo kalian sodorin metal ke aku, sorry to say but No! Well selagi masih di zona Rock apapun itu mau hardrock, punk rock, post hardcore, etc, jelas aku masih mau meski milih-milih. Kecuali untuk musik nya Panic! At The Disco, Sleeping With Sirens dan Arctic Monkey. Mereka lulus uji filter tanpa tak pilah-pilah.

Jadi sekarang kita bakal bahas salah satu genre music favorit ku yaitu “Alternative Rock”. Untuk pengawalnya kita bahas dulu apasih rock alternative itu? Siapa aja sih band yang nganut aliran rock alternative? Apa aja sih lagu yang kece dari genre rock alternative? kenapa sih seorang novi andriyani yang punya wajah kek anak pesantren tergila-gila sama yang namanya rock alternative ?” yok di mulai...

APA ITU ALTERNATIVE ROCK ?

Menurut wikipedia, Rock Alternative adalah aliran musik rock yang muncul pada tahun 1980-an dan menjadi sangat populer pada tahun 1990. Nama “alternatif” ditemukan pada tahun 1980 untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran punk rock pada masanya. Sebagai jenis musik yang spesifik, rock alternatif mempunyai sub-aliran yang bervariasi, dari musik indie, indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut terkonsolidasi dengan ciri khasnya masing-masing. Walaupun aliran alternatif terhitung sebagai aliran rock, tapi beberapa sub-alirannya terpengaruh oleh musik rakyat, reggae, musik elektronik, dan jazz. *Musik alternative adalah musik yang bebas tanpa batasan-batasan harus aransemen begini, vokal begitu, distorsi begono, dll. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa musik alternative adalah perpaduan dari Pop, Rock, Jazz (Fusion) yang beatnya tidak keras, tapi tidak lembut juga.

Nah sekarang, aku mau ngasih tau perbedaan dari musik Rock, Alternative dan Punk. Jadi penjelasan simple nya gini nih :
1.       Musik Rock adalah Musik dengan Bunyi yang khas dan sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan keyboard. Nyanyian dengan nada Scream, Keras dengan hentakan yang kuat. *Musik Rock itu sub genrenya buanyyakkk banget dan nggak bisa tak jelasin satu-satu, kalo kalian penasaran tanya aja sama mbah gugel.
2.     Alternative : Aliran Subgenre dari Rock dengan gaya Underground seperti musik Indie. Santai dengan lantunan Beat drumer yang Jelas, Sedang dan tidak terlalu keras.
3.  Punk : Aliran subgenre Rock dengan gaya bermusik yg keras, pelampiasan enerjik, powerfull dan lirik yang mengedepankan curhat atau kata-kata pelampiasan emosional tanpa mengutamakn sisi teknis bermain musik. 

 BAND DENGAN GENRE ROCK ALTERNATIVE TERBAIK
By. Novi Andriyani
Kalo ditanya pertanyaan yang kayak judul diatas jawabanya adalah “banyak dan tak terhitung”. Aku sendiri nggak hafal siapa aja yang pake genre rock alternative. Lagian nih ya, kalo kamu liat band - band rock,  mereka itu nggak murni selalu bawain satu aliran karna kadang mereka nyampur gitu sesuai dengan lagu yang mereka usung. Jadi agak susah sih ngomongnya, but disini aku mau ngasih tau deretan band yang menganut genre rock alternative yang aku suka aja.  Mereka adalah :


1. IMAGINE DRAGONS
Kalo buat aku sendiri dari sekian banyak band rock masa kini, Imagine Dragons lah yang berhasil mencuri orientasi musik ku. Imagine Dragons adalah crush pertama ku yang emang bikin jungkir balik kegirangan kalo ngeliat mereka. Genrenya alternative rock, indie rock, indie pop, electronic pop. Imagine Dragons sendiri kalo buat MV selalu unik dan kreatif. Terbukti dengan mereka dapat penghargaan di ajang MTV VMA 2012 untuk kategori “Best Rock Video”. Mereka juga sering nge-acoustic in lagu-lagunya loh, fyi suaranya Dan Reynolds itu sumpah buat melting banget *sexy banget coy, bikin jantung mau copot sangking sexy nya. Kalian juga harus liat aksi panggung mereka karena cara mereka tampil live itu kece badai, nggak ada bedanya sama studio versionya. Energinya Meluap banget, terbukti juga dengan mereka nyabet trofi untuk kategori "Best Rock Performance" di Grammy Awards 2014.

2.      MUSE
Coba aku tanya siapa yang nggk tau Muse? *kamu nggak tau? Parah, lo idup di gua ya? Ini band keren parah, personilnya 3 orang. Bergenre alternative rock, space rock, rock progresif, rock simfoni. Musik mereka pecah banget, Aksi panggung mereka itu gila parah, musiknya luar biasa keren dan suara Matthew Bellamy manisssss banget *gula tebu aja kalah. Kalo denger musik mereka ini rasanya.... eee...gimana ngungkapinnya ya? kalo aku bilangnya mah mereka adalah the legend of alternative rock. They're the prophet of Music.

3. TWENTY ONE PILOTS
Holaaa... yang sekarang lagi naik daun, emang pantes banget kalo mereka lagi jaya-jayanya, secara mereka ini keren banget. Satu kata buat mendeskripsikan Twenty One Pilots, mereka Unik. Langka. Mereka punya sesuatu yang nggak dimiliki orang lain. Mereka punya X Factor yang nggak bisa kita ungkapin pake kata-kata. Aku bener-bener jatuh hati sama Twenty One Pilots. Sumpah kalian keren, kreatif, dan genius banget. Genrenya rock, alternative hip hop, electropop, indie pop. Oiya biasanya di band-band aku sering suka sama vokalisnya, nah pas ketemu Twenty One Pilots, aku malah jatuh hati sama Josh Dun which is dia adalah Drummer-nya. Ngeliat Josh Dun mainin drum beuhhh keren parah! gila bener dah itu drum kayak ada nyawanya hahaha, meski Tyler juga kece dengan suara uniknya tapi Josh Dun yang nyangkut dihati....

4.      QUEEN
Nah sekarang aku coba tanya lagi, kali ini siapa yang nggak tau Queen? *kamu nggak tau? Udah nyebur ke laut aja sana. Queen yassss... gimana aku ngomongnya ya? terlalu spechless untuk mengungkapkan apa yang ada di otak ku tentang Queen, tentang musik mereka, tentang karya mereka dan tentang betapa flamboyan-nya Freddy Mercury. Mereka adalah salah satu legend Rock-nya dunia. Kalo disuruh nilai, nggak bisa pake angka aku bakalan nilai mereka dengan satu kata “Sempurna!”. *bagi kamu yang nggak tau sama Queen? Udah nggak usah balik dari laut, tenggelam aja sana...
  
5. THE BEATLES
Sakali lagi nih tak tanyain, dari kalian semua siapa yang nggak tau The Beatles? *Kamu nggak tau? Udah gue nyerah, gue nyerahhhh! Selama ini lo idup dimana sih? Kok nggeselin banget! Okelah karena gue penyabar dan baik hati jadi gue bagikan sedikit info buat lo pada tentang The Beatles. Jadi The Beatles adalah band yang super populer di masanya dan melegenda di masa kita. Band yang sangat jaya di era 90an ini sangat berpengaruh dalam perkembangan musik di era musik Modern, genrenya rock, pop. Kalo ngomongin The Beatles beserta karya-karyanya emang nggak ada matinya. Menurut aku mereka ini juga salah satu legend of alternative rock. *Dan kamu nggak kenal sama The Beatles? aku angkat tangan kalo gitu, nyerah. Bye. 

6. COLDPLAY
Nahhh yang ini pasti pada tau semua, genrenya alternative rock, post brithpop, pop rock, pop. Kalo boleh ngomong Coldplay adalah band yang paling laris soalnya fansnya membludak bertebaran dimana-mana di seluruh penjuru dunia. Kalian pasti langsung klik sama lagu-lagunya coldplay yang pada kece badai ini, karena bahkan orang yang nggak suka rock alternatif aja bisa ketagihan sama musiknya coldplay, itu artinya mereka emang “Gold”. Mungkin karna emang musik mereka easy listening jadi mudah di terima dimana-mana, emang umum banget sih musiknya tapi meski gitu emang enak banget. Aku sendiri nggak terlalu meng-gandrungi coldplay karna menurut ku musiknya terlalu cantik untuk aku yang suka musik keras, tapi tetep nggak menampik kalo mereka memang keren.

7. PARAMORE
Genre : Emo, Alternative Rock, Power Pop, Pop Punk

8. MY CHEMICAL ROMANCE
Genre : Emo, Hard Rock, Punk Rock, Post Hardcore, Pop Punk, Alternative Rock

9. FALL OUT BOY
Genre : Emo, Pop Punk, Alternative Rock

10. AMERICAN AUTHORS
Genre : Alternative Rock, Folk Rock, Indie Rock, Pop Rock

11. THE CRANBERRIES
Genre : Alternative Rock, Irish Folk, Post Punk, Jangle Pop, Pop Rock

12. LINKIN PARK
Genre : Alternative Rock, Nu Metal, Alternative Metal, Rap Rock, Electronic Rock


Nah berikutnya ada tiga Band Rock yang paling aku suka bahkan melebihi 12 daftar diatas, jadi mereka wajib aku tulis, mereka adalah : 


1. SLEEPING WITH SIRENS
Aku suka sama Sleeping With Sirens karna Kellin Quinn *of course lah ya, kalo nggak kellin sapa lagi coba? Grup yang sempat bongkar pasang anggota ini emang kece banget. Genre yang mereka usung adalah Post-Hardcore, Screamo, Pop Rock. Gila nggak sih Screamo guys... Screamo sebenernya bukan ranah kuping ku tapi karena suara vokalisnya unik nggak ketulungan jadi aku langsung jatuh cinta sama Sleeping With Sirens dan lama kelamaan jadi udah biasa denger musik mereka yang nyanyinya kebanyakan teriak-teriak, suara drumnya bisa buat jantungan, suara bassnya ampun-ampunan, pokoknya malah jadi suka jadi cinta gitu. Oiya aku paling seneng lagu kolaborasinya Kellin ft Pierce The Veil yang judulnya King For A Day. Gilakkkk sih screamo nya mantepp banget, Terdebest!!! Jadi makin cinta sama Kellin *menurutku orang yang punya suara khas kayak Kellin emang harus di museumkan. karna dia Langka! Super unik makanya dia nggak boleh punah wkwk. Meski tampilan Kellin Rocker banget, emo banget tapi wajahnya imut beeutt. Fyi, Suaranya kellin itu adrogyni, jadi aku nggak bisa njelasin gimana warna suaranya, pokoknya kalian harus denger sendiri titik. Oiya ada kalimat paling terkenal di kalangan fans kalo menyangkut tentang suaranya Kellin, bunyinya gini : "Kellin Quinn doesn't sing like girl, Girls sing like a Kellin Quinn". Sebenernya kalo bahas Sleeping With Sirens, aku bisa cerita panjang kali lebar makanya nanti aku mau posting khusus tentang mereka, staytoon ya... 

2. ARCTIC MONKEYS  
   Ini kasusnya mirip kayak Sleeping With Sirens, aku suka sama Arctic monkeys karena vokalisnya. Karena si Alex Turner. Kalian percaya nggak kalo aku ngomong bahwa "Alex Turner adalah manusia paling hot yang pernah ada". Yaaa gimana nggak hot, dari namanya aja udah menggoda iman, ditambah kepribadianya yang Cool dan nggak banyak omong jadi terkesan misterius sekaligus menarik. Apalagi kalo kalian denger suaranya adohhhh laki banget bok, suaranya macho banget, sexy parah *suaranya alex ini 360° berbanding terbalik sama Kellin Quinn, jauh benget. bagai langit dan bumi. Kalo kalian liat visualnya Alex, adohh itu manusia bukan sih? Gantengnya kok sampe meluber-luber gitu? Apalagi kalo dia udah nyanyi duhh melting dedek bangggg.... *eh kok aku malah bahas alex sih? Ini nih karena efek dari Alex Turner jadi jiwa fangirls ku langsung membara wkwkw... Balik lagi ke Arctic Monkeys, mereka ini ngusung genre Indie Rock, Post-Punk Revival, Psychhdelic Rock dan Gargare Rock. Lagu-lagunya kece semua dan nyantol ke kuping semua apalagi suaranya bang Alex kan emang enak banget, dia ngomong aja udah enak apalagi nyanyi. Well Kalian harus dengerin lagu mereka TITIK! Karna emang sebagus itu, nggak boong.


3. PANIC! AT THE DISCO
*Akhirnya sampe juga ke pujaan hati eaaa... So dari sekian banyak Band Rock yang ada, yang paling aku cintai adalah Panic! At The Disco alias P!ATD. Genre mereka Punk Rock, Pop Rock, Alternatif Rock, Pop Punk, Baroque Pop, Emo. Terbentuk pada tahun 2004, dulu punya 4 personil sekarang cuma sisah satu doang, dia adalah Brendon Urie sang vokalis. Ngeliat perjuangan Brendon yang masih bawa nama P!ATD sendirian sampe sekarang emang mengharukan sih, keliatan banget dia sayang sama P!ATD. Kalo musiknya beuhhh jangan di tanya, bagus bangettttt dan nilai plusnya adalah si Brendon Urie, gilaaaa Range Vokal dia gilaaaa kok bisa seluas itu ya? kamu mau nyuruh dia apa? dia bisa semua dari nyanyi dengan nada rendah, nada tinggi beroktaf-oktaf, whisltle, Scream, nge-rock, nge-pop, classic, jazz, opera, metal semua di jabanin. Tehnik nyanyi juga semua dia jabanin. Pantes aja dia masih eksis sampe sekarang. Brendon emang punya modal, talenta musikalitas nya nggak main-main. Nggak heran kalo tahun 2019 ini Panic! At The Disco yang personilnya cuma si Brendon langsung nerima dua penghargaan sekaligus di Billiboard Music Awards 2019 yaitu Top Rock Album : Pray For The Wicked dan Top Rock Song : High Hopes. Terdebesttt emang!... Btw kalo ngomongin musik, yang bagus mah banyak, alasan lain kenapa aku jatuh hati sama P!ATD adalah karna sang vokalis alias Brendon Urie. Dia emang anak musik banget sih, kayaknya musik emang mendarah daging banget, skill-nya debest, aksi panggungnya keren parah, selain itu anaknya gokil banget mungkin karna dia juga ngidap ADHD jadi nggak heran kalo aksi panggungnya gila hahaha. Oiya yang bikin mesem-mesem adalah wajahnya Brendon, dia cakeppp bangetttt *ciptaan Allah sempurna banget dah. Brendon punya style yang rapi dan bersih banget untuk ukuran anak rock. Brendon juga orangnya asik banget, ramah, murah senyum, lucu, sassy, nyeleneh dan Husband Material banget, setia, sayang istri. Dia nikah tahun 2013 pas umurnya masih 26 tahun. Percaya nggak sih ada anak band rock yang usianya masih muda pas jaya-jayanya dan notabenenya lagi liar-liarnya malah mutusin buat nikah, buat komitmen sama satu cewek seumur hidup, percaya nggak sih? *whoahh... sumpah ya aku kagum banget sama Brendon. Sebenernya mereka pacaran dari tahun 2011 jadi udah jalan 9 tahun hubungan keduanya tapi masih mesra sampe sekarang. Bahkan sangking cintanya, Brendon sering buat lagu untuk istrinya, salah satu judulnya adalah Sarah Smile dan The End of All Things (ini tu sebenernya Wedding Vow nya Brendon tapi di buat lagu juga buat persembahan ke sang istri tercinta di hari pernikahan mereka) *duhh sweet banget, emang bucin banget dah hahaha... Oiya satu lagi dia juga buat tattoo bentuk Mata yang di kelilingi bunga. Dia bilang itu adalah matanya sarah istrinya, dia bilang gini "One of my tatto is my wife’s eye inside her favorite flower the yellow rose. I am just so in love with my wife, she is the most beautiful creature. She’s the most gorgeous thing in my life. She's the most gorgeous person in my life". Dia bilang pas buat tattoo itu sakit banget karna letaknya di bawah lengan beda dengan tatto lainya, tapi hasilnya bikin puas setiap dia ngaca ngangkat lengan dia bakal liat istrinya *ya allah mau yang kayak gini satu dong... Well Karna P!ATD alias Brendon Urie adalah kesukaan ku jadi tak kasih foto lebih ya. Kapan-kapan aku bakal bahas Panic! At The Disco di satu postingan khusus, karena kalo cerita tentang P!ATD nggak bisa puas kalo sedikit hahaha...
 


0 komentar:

Posting Komentar