Pages

Senin, 09 Januari 2017

#Noviandriyani - Ana Behebak


ANA BEHEBAK
By : Novi Andriyani
Buat readers yang nggak sengaja nyangkut ato mampir kesini, tak ingatkan bahwa isi Blog ini nggak ada manfaatnya buat kalian baca, apalagi postingan - postingan yang ada tanggar kayak gini  #noviandriyani mending kalian skip nggak usah baca, soalnya  nggak ada faedahnya beneran, aku nulis blog ini murni karna pengen menyalurkan hobi nulis aja. Tapi kalo kalian sudah terlanjur baca, ya udah ini jadi rahasia kita aja ya? nggak usah ember. Janji? oke sipp janji! Yok langsung aja kita bahas...

***
 Bener kata orang kalo anak cewek itu tumbuh dewasa lebih cepat ketimbang anak laki. Aku pertama kali suka waktu masih kecil banget, sekitar kelas 4 SD. Nah waktu itu aku tertarik sama anak laki temen ngaji, bahkan sampe sekarangpun aku masih bisa nginget wajahnya ramang-ramang. Tapi cuma gitu aja, mentok di situ aja, namanya anak SD kan ya...

***Cinta Monyet
Siapa yang nggak pernah ngerasain cinta monyet? nggak ada pasti, soalnya semasa puber kita pernah ngerasain ketertarikan dengan lawan jenis untuk pertama kalinya. Nah pada kasus yang tak alami ini cukup unik, soalnya kebanyakan orang cinta monyetnya sama temen sekelas, seumuran, dan blablabla yang udah mainstream. Beda sama aku yang agak unik, cinta monyet ku itu sama guru ku sendiri dan parahnya udah punya istri hahaha *ya allah kok aneh banget ya? nggak tepat banget mendarat nya. Oke jadi mungkin awal dasarnya adalah kagum, nah dari kekaguman itu berubah jadi cinta monyet. Cinta monyet ku ini juga beda dari orang lain soalnya cinta monyet ini nggak berbalas *ya jelaslah. Jadi aku ngerasain cinta monyet itu waktu SMP kalo nggak salah. Setiap mata pelajaran bapak itu aku langsung semangat 45, langsung rajin, berseri-seri, bahagianya itu membuncah, ya kayak anak kasmaran lainya. Terus gimana ceritanya cinta monyet itu bisa berhenti? jawabanya adalah karena nggak sengaja ketemu istrinya. Sumpah sekagum-kagumnya sama bapak itu ternyata lebih kagum lagi sama istrinya! istrinya itu, manusia apa bidadari? pokoknya kata yang cocok buat istrinya adalah "sosok yang bersahaja". Cocok banget sama pak guru yang tak gilai itu dan saat itu aku langsung ngerasa minder. Setelah kejadian ketemu bidadari itu, sadar nggak sadar aku langsung mundur teratur. Nggak tau kenapa tapi pelan-pelan rasa yang dulunya menggebu-nggebu perlahan mulai hilang tak berbekas. Meski gitu sampe sekarang rasa kagum itu masih ada. Beliau adalah sosok ideal menurut ku, dan entah kenapa sekarang aku jadi ragu yang ku rasain itu cinta monyet ato bukan hahaha...

***Setelah kisah naas ku di SMP berakhir mengenaskan, tak pikir aku bakalan punya cerita yang lebih membahagiakan pas SMA. tapi ternyata sama aja ngenesnya. Sebenernya aku tipe yang cuek untuk urusan beginian, jadi cerita tentang romance di hidup ku itu cuma secuil. aku tipe orang yang nggak terlalu ngoyo harus ada harus punya. Mungkin juga karena saat itu aku adalah tipe anak yang ansos jadi ya nggak terlalu pentinglah. Saat itu aku mikirnya masih banyak hal lain yang lebih seru untuk di jelajahi.***

***Cinta Monyet Part II
Setelah kisah naas ku di SMP berakhir mengenaskan, tak pikir aku bakalan punya cerita yang lebih membahagian pas SMA. tapi ternyata sama aja ngenesnya hahaha... Jadi pas SMA aku demen banget ngeliat kakak senior. Senior di SMA orangnya pada cakep - cakep beda sama cowok seangkatan ku yang wajahnya nggak ada yang menarik minat buat di pandangi lama-lama. 

Nah waktu SMA aku nggak sengaja masuk Rohis *organisasi tentang kerohanian islam. Awalnya sih aku ngggak tau apa itu Rohis? jadi asal ikut-ikutan masuk aja, eh tapi ternyata ada cap tak kasat mata yang ada di anak rohis yaitu: "anak rohis harus alim" dan setiap anggota pengurus rohis mau tak mau harus dan wajib menerima cap itu *Cap yang disematkatkan seantereo sekolah. Waktu itu aku langsung mikirnya "alamakkk apa kabar aku yang masih shalat bolong-bolong? yang berhijab baru hitungan hari?". Kaget? Jelas! nah yang lebih ngeri lagi adalah prinsip bahwa Anak Rohis Nggak Boleh Pacaran! itu udah jadi hukum tak tertulis dan harus dipatuhi. Perlahan ngikuti organisasi, ngikutin tausiah-tausiah yang di adain bersama. Aku jadi tau kenapa anak Rohis di cap alim, kenapa anak Rohis nggak boleh pacaran, dan kenapa-kenapa lainnya. Sebenernya cap-cap itu bukan cuma buat anak Rohis melainkan untuk semua muda-mudi islam. Akhirnya dari organisasi yang nggak sengaja tak ikuti itu, aku dapet pelajaran banyak tentang agama islam. Terus hubungannya dengan romance apa? jadi gini waktu kelas X SMA aku bisa lewati hari-hari seperti biasa sekaligus cuci mata setiap lihat senior kece. Nah masalahnya adalah setelah aku dapet Menstruasi pertama, dampaknya terhadap Hormon Estrogen dan Progesteron meningkat secara drastis, perubahan hormon yang kayak Roller Coaster bener-bener buat kelimpungan. Yang biasanya cuek sekarang jadi peduli, yang biasanya males ngerti jadi lebih memperhatikan, jadi lebih apa ya? pokonya jadi kayak the real young women gitu deh. Yang paling parah selain jerawat bermunculan adalah yang biasanya liat senior-senior cakep cuma seneng doang berubah jadi berdebar-debar *sumpah gara-gara perubahan hormon yang ekstrim, hidup ku jadi mengerikan...

Jadi intinya tepat kelas XI SMA barulah aku suka sama satu kakak tingkat. Kenapa aku tau suka sama dia? karena biasanya aku kan memang seneng ngeliat para kakak tingkat yang cakep tapi sukanya ya cuma suka ngeliat aja, udah. Nah senior yang satu ini kasusnya beda. There's something different with him, who make me realize a little thing called love. Bersyukur sih karena akhirnya aku suka sama orang yang normal enggak suka sama guru lagi hahaha...

Sebenernya dari segi fisik dia nggak sekeren kakak tingkat lainya, tapi nggak tau kenapa malah nyangkutnya ke dia. Orangnya baik, pendiem, alim *kebanyakan siswa-siswi di sekolah ku emang alim. Pokoknya kalo menurut orang lain sebenernya dia bukan orang yang tepat di jadikan acuan kriteria, tapi aku malah kepincut sama dia. Naasnya lagi orangnya nggak pacaran dan nggak mau pacaran. Ini ngingetin ke prinsip anak Rohis, prinsip agama yang harus di taati. Sama kayak beliau, aku pun nggak bisa pacaran... eh sebenernya boro-boro pacaran, ngobrol aja nggak pernah. Aneh ya? ngobrol nggk pernah, tegur sapa nggak pernah, tapi malah kepincut. In my eyes he is perfect. Kalo ibarat nilai kk itu 95 sedangkan aku cuma 5. Aku pernah denger tausiah yang disampei ustad di Rohis "kalo jodoh tu cerminan dirimu, kamu baik dapet yang baik, kamu jelek dapet yg jelek, kamu pas-pasan juga dapat yang kayak gitu". Intinya dia sukses bisa ngebuat aku minder. Dia itu perfect banget sedangkan aku? aku mah apa atuh, cuma remahan rengginang yang jatuh ke lantai. Hijab ku juga masih setengah-setengah belum permanen masih lepas pasang, belum nutup dada, masih pake celana, masih pake jeans, belum pantas banget deh. Tapi kali ini minder ku jauh lebih beda dari jaman SMP dulu. Kalo dulu aku langsung mundur teratur, nah sekarang yang aku rasain justru pengen maju. Aku punya keinginan kuat harus memantaskan diri dan disertai dengan doa tentunya. 

Akhirnya jadilah aku Novi yang tipe apatis terhadap yang namanya kaum adam, sama yang namanya cowok langsung menarik diri, jauh-jauh kalo lagi ngobrol, natap mata juga bentar-bentar aja. Menjanga biar nggak kesentuh barang seujung kuku. Yang aku rasain setelah menjauh itu ternyata ada perasaan baru yang muncul yaitu perasaan senang. Senang karena aku merasa tertolong dan nolong mereka meski tanpa disadari. Meskipun dampaknya aku dikatain kolot, kuno, sok ini lah sok itu lah. Sedih sih awalnya tapi karna aku punya tujuan yang pasti jadi ya bomat lah sama mereka. Untuk ngejar sesuatu yang sempurna kita juga harus jadi sempurna. Jangan mau sembunyi di balik kalimat "inilah aku apa adanya". Hei kita ini manusia, kalo mau usaha pasti bisa jadi seseorang yang lebih dari "apa adanya". Pokonya ada kisah susah senang dan sedih di cinta monyet kedua ini.

***Lanjut Ke Masa Kuliah
Setelah kepincut sama senior SMA kemaren, biginilah kehidupan romance ku yang banyak dikatain temen ku sebagai kehidupan romance yang suram hahaha.... jadi karena masih setia dalam misi memantaskan diri, aku masih melanjutkan menjadi novi yang nggak berpacaran. Awalnya sih temen-temen kuliah ngasih respon yang sama kayak temen SMA, tapi bedanya temen-temen kuliah ku cepet ngerti. Malah jadi respect gitu, mereka nggak nge-judge yang jelek-jelek, baik cowok maupun cewek, jadi mereka buat aku tambah semangat. Yang jelas kalo anak kuliahan itu lebih enjoy, kamu-kamu-aku-aku gitu *dan itu nyaman banget. Pernah sih awalnya ada cowok anak kelas ku yang punya kebiasaan toel-toel, ngelus kepala, megang-megang tangan, nyolek-nyolek dagu, natap mata kayak mau ngelahap orang, pokoknya yang kayak begituan. Menurut orang sih itu biasa aja wajar gitu, tapi nggak buat aku. Awalnya sih aku kaget dan berusaha ngehindar tapi ternyata 3 langkah mundur ku cuma jadi selangkah majunya dia. Kebiasaannya berlanjut, tak marahin malah ketawa, akhirnya langkah berikutnya aku ngomong baik-baik sama dia pelan pelan di tambah sok akrab. Ajaibnya dia ngerti. Kebiasaan manusia-kan nggak mudah hilang,  jadi kalo aku ngobrol sama dia jaraknya hampir satu meter ato kalo nggak, aku bediri dibelakang temen yang lain buat ngehindari kebiasaanya dan dia juga alhamdullillahnya ngerti berusaha nahan tangan nakalnya bergrilya, dia juga berubah jadi respect banget jadi sopan jadi gentelmen. Akhirnya aku berhasil ngelewati sisa semester 3-6 aman tanpa gangguan tapi tetep berteman baik sama dia.

Selama kuliah ada yang namanya Blind Date alias kencan buta, kencan buta itu dilakukan rame-rame jadi kalo kamu ada kenalan terus ngajakin ketemuan nah karena alasan cari aman maka anak-anak bakal ngajak ketemuanya rame rame. Kalo temen-temen ku mau ngajakin jalan, aku selalu waspada, nanya dulu mau kemana? sama siapa? ada cowoknya nggak? kencan buta bukan? pokoknya detil lah sampe temen-temen ku jadi males ngajakin jalan hahaha... 

Sebenernya aku bukan tipe cewek yang nggak peka, aku juga bukan tipe yang polos *apalagi kalo liat jurusan kuliah yang aku ambil, jauh-jauh deh dari kata polos. Aku juga tau ada beberapa cowok yang berusaha kenal deket yang punya maksud tertarik sebagai lawan jenis. Mereka baik tapi apaya? mungkin karena aku udah suka sama seseorang, apalagi orang yang aku suka itu beneran perfect sampe buat aku berkorban banyak selama bertahun-tahun. Jadi waktu ada orang yang berusaha dekat otomatis aku sering bandingin sama dia dan hasilnya selalu mengecewakan karena mereka nggak bisa menyamai atau melebihi levelnya. Makanya aku ngerasa terkesan jahat, karena ngasih standar yang tinggi. Tapi aku kan juga lagi berusaha ngejar dia, berusaha jadi yang pantas. Jadi ya maaf aja. Aku juga lagi belajar istiqomah dan sama sekali nggak minat sama tawaran pacaran. Lagian kalo aku pacaran sekarang selain dosa, sia-sia dong perjuangan bertahun-tahun selama ini, kalaupun aku pacaran tapi aku kepincutnya udah sama orang lain-kan nggak enak juga sama doi nya, itu namanya mainin perasaan orang. Jadi ya mendingan nggak usah aja, temenan aja cukup, malah lebih berkah *ngeles tingkat dewa hahaha....

*** 2019
Terhitung udah 9 tahun nge-jomblo karena ada misi, udah 9 tahun terhitung setia sama senior SMA yang entah berantah ada dimana. Aku suka sama dia, aku juga masih sering berdebar kalo ngelantunkan nama dia di doa-doa ku. Meski suka, tapi yang buat salut adalah aku nggak jadi seorang stalker, aku bahkan nggak pernah ngepoin dia, sosmed dia atau ngubungin dia. Aku yakin nanti ada saatnya, ada waktunya. Wallahu a'alam. Pokoknya ada sesuatu yang aku yakin banget kalo kami berjodoh. karena kalo ragu, pasti udah lama aku lupa sama dia dan pasti nggak bakalan nunggu bertahun-tahun nggak jelas kayak gini. Sekarang jilbab ku udah permanen, nggak lepas pasang lagi, udah pake gamis kemana - mana bahkan sehari-hari juga, padahal dulu aku nggak suka pake anrok karna riweh hahaha... Hal-hal yang berhubungan rohaniwiyah dan agama dikit-dikit udah bener. Pokoknya perbedaanya kerasa banget lah selama perjalanan 9 tahun ini. Aku pernah mikir kalo misalnya dulu aku nggak ketemu sama dia, kalo aku nggak suka sama dia, mungkin aku nggak bakal jadi novi yang sekarang. 

Untuk dia, aku beneran ngucapin makasih udah jadi motivasi yang bisa buat aku jadi orang yang lebih baik, melalui dia aku bisa jadi lebih dekat dengan Tuhan. Kedepannya aku harap doa ku terkabulkan, entah tahun berapa, kapan dan bagaimana. Pokoknya selama ini aku menjaga bahkan seujung kuku pun, entah sampe kapan penantian berakhir. 

****2021 (Sekarang)  
Terhitung genap 11 tahun penantian. Satu dasawarsa lebih. Nyerah? tentu nggak dong, meski sebenernya aku selalu mikir, gimana kalo ternyata dia berjodoh dengan orang lain yang memang udah sempurna buat dia, dan gimana-gimana lainya. Ini mengerikan dan aku nggak mau mikir kesana, takut! sebenernya aku harus siap sama apa yang bakal terjadi bukannya nyaman sama yang abu-abu ini. Gini, aku bukan tipe orang yang keras kepala dan kalian harus tau kalo aku adalah tipe anak yang penurut. Jadi kalo misal selama penantianku, dia nggak dateng melainkan orang lain yang dateng kemungkinan besar aku bisa nerima itu dengan lapang dada. Karena semuanya udah diatur. Allah swt tau yang mana jodoh kita. Jadi sebagai manusia nggak boleh egois. Jangan mentang maunya A jadi harus A. Karena opsi lain masih banyak. Masih ada B,C,D bahkan Z. Tapi selama "usaha" nggak di larang kenapa enggak ? meski hasil akhir tetep diri Nya lah yang menentukan.

Intinya yang terakhir mohon doa nya semoga apa yang di semogkan tersemogakan. Apa yang di doakan di jabah oleh Allah swt, karena nggak ada usaha yang menghianati hasil. Aamiin.....

0 komentar:

Posting Komentar