Pages

Senin, 12 Desember 2016

#Noviandriyani - Me as Bibliophile


HOBBY PART II : READ 
Ngomongin tentang hobi emang nggak bakal pernah bosan. Aku pernah baca di beberapa artikel, kalo misalkan orang dengan golongan darah B itu kalo udah suka sama sesuatu pasti bakalan bener-bener di gelutinya tapi negatifnya orang golongan darah B itu mudah bosan. Nah dari artikel itu kalo udah di aplikasikan ke aku, aku ngerasa 80% bener . Sekarang mari kita bahas salah satu  hobi ku....

“ME AS BIBLIOPHILE ”
By :  Novi Andriyani
Bagi sebagian orang, kata Bipliophile pasti masih asing. So what is Bipliophile ? jadi Bipliophile adalah istilah yang sering di gunakan untuk orang yang menyukai buku, mencintai buku, orang yang suka baca. Bibliophile adalah julukan untuk para pecinta buku. Bibliophile berasal dari kata biblio yang berarti buku dan phile yang berarti pecinta. Mereka memiliki kebiasaan yang tidak dimiliki orang lain.

Sebenernya aku baru jadi Bipliophile. Semenjak semester enam kuliah aku jadi keranjingan baca, meski hobbi baca ku masih terbatas yaitu cuma masih batas bacaan novel. Entah gimana ceritanya tapi sampe lulus kuliah bahkan sampe sekarang aku masih doyan baca novel, bahkan ya kalo nggak sibuk, sehari aku bisa ngabisin 5 judul novel... hahaha gila kan? ya gitu kalo lagi suka sama something pasti langsung fokus ke forsir kesana semua, aku emang tipe yang nggak main-main kalo udah berhubungan sama yang namanya hobi. Selain itu, punya hobi membaca memang suatu hal yang menyenangkan. membaca juga bisa memberikan pengetahuan serta wawasan baru guys...

    10 HAL YANG DILAKUKAN SEORANG BIPLIOPHILE :
  
      1.      Menyukai bau buku
Bagi bibliophile, mencium bau buku dapat memberikan rasa nyaman dan tenang. Entah itu buku yang baru saja dibuka atau buku tua yang sudah menguning.

      2.      Memiliki koleksi buku dengan judul sama
Tidak jarang bibliophile membeli buku dengan judul dan jalan cerita yang sama. Hal ini karena biasanya mereka memiliki keinginan untuk memiliki buku favorit dengan edisi cover baru.

      3.      Membawa buku kemanapun pergi
Seorang bibliophile memiliki keharusan untuk membawa buku kemanapun mereka pergi. Entah itu ke cafe, mall, dan bahkan kamar mandi sekalipun. Karena dengan membawa buku, mereka bisa menghilangkan rasa bosan atau menghindari gangguan dari orang lain.

      4.      Memiliki buku yang belum dibaca, tapi ingin membeli buku baru lainnya
Membeli buku baru sedangkan di rumah masih ada banyak buku yang belum dibaca mungkin terdengar seperti tindakan yang boros. Namun sesungguhnya, seorang bibliophiletidak hanya menyimpan buku saja. Mereka akan tetap membaca buku tersebut sewaktu-waktu.

      5.      Tidak memiliki genre spesifik yang disukai
Roman, misteri, science fiction, petualangan pasti pernah dijajali oleh mereka para pecinta buku. Bibliophile tidak memiliki genre buku spesifik yang disukai karena mereka membaca setiap jenis buku dengan karakteristiknya masing-masing. *By the way kalo masalah genre novel semua genre aku suka kecuali Fanfiction. Bener-bener nggak suka baca genre itu, nggak tau kenapa? Maaf ya tapi aku ngerasa Fanfiction itu serasa disgusting untuk di baca, maaf banget ya hahaha. Oke jadi aku suka semua genre novel yang kayak gini : Science Fiction, General Fiction, Fantasy, Historical Fiction, Classic, Sastra, Mystery, Thiriller, Crime, Metropop, Chicklit, Amore, Romance, Comedy, Horor, Dystopia, Utopia, Action, Advanture, Physicologycal & Spiritual. aku suka semua.

      6.      Menghabiskan sisa uang untuk membeli buku
Jika memiliki uang lebih, bibliophile tidak akan segan-segan menghabiskan uangnya untuk membeli buku. Hang out dengan teman atau membeli baju dapat mereka singkirkan terlebih dahulu, asalkan bisa memiliki buku yang telah diidam-idamkan.

      7.      Orang-orang akan meminta rekomendasi buku darimu
Biasanya, bibliophile akan sering mendapatkan pertanyaan tentang buku apa yang bagus untuk dibaca. Teman-teman mereka tidak sedikit yang meminta rekomendasi buku dengan review agar memberikan pandangan sekilas.

      8.      Tidak dapat tidur tenang jika belum menyelesaikan sebuah buku
Memimpikan tokoh fiksi merupakan hal yang lumrah bagi seorang bibliophile. Sebelum tidur, biasanya mereka menyempatkan untuk menyelesaikan buku yang dibaca. Jika buku tersebut belum selesai, tidak jarang mereka akan memimpikan jalan ceritanya atau tokoh yang ada dalam buku.

      9.      Selalu menginginkan perpustakaan pribadi
Memiliki perpustakaan pribadi merupakan hal yang didambakan oleh setiap bibliophile. Mereka sudah memiliki imajinasi dan ide mengenai bentuk perpustakaan seperti apa yang diinginkan.

      10.  Menceritakan kepada orang lain bahwa buku lebih baik daripada film
Tidak jarang buku-buku best seller diangkat ke layar kaca oleh beberapa produsen film. Namun terkadang, jalan cerita yang ada dalam film berbeda dengan apa yang ada di buku. Hal itu sering menimbulkan kekecewaan terhadap pecinta buku karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

***sumberhttps://inspiratorfreak.com/10-hal-yang-dilakukan-seorang-bibliophile/

Sebenernya selain baca novel, aku juga punya hobi baca yang lain juga kayak baca manga, menhwa, webtoon. Di postingan selanjutnya ntar aku posting rekomendasi novel yang bagus, sekaligus ntar aku juga bakal buat review-review novel. Doaian ya semoga dari sini ke depan aku produktif dan nggak males ngetik hahaha....

0 komentar:

Posting Komentar