Pages

Sabtu, 09 Desember 2017

Rekomendasi Novel Tentang Kejiwaan


NOVEL TENTANG KEJIWAAN
By : Novi andriyani
Maafkan judul postingan ku yang untuk kesekian kalinya yang nggak jelas. Well yang bakal tak bahas kali ini adalah beberapa novel yang menyinggung masalah kejiwaan di dalam ceritanya. Sebenernya nyari novel yang kayak beginian susah banget, bahkan aku juga nggak tau apa genrenya. Mungkin masuk ke psikologis kali ya? dan parah nya, aku lagi ngebet pengen baca tentang romance psikologi, yang kayak tokoh utamanya punya skizofrenia tapi ternyata ada orang yang tulus suka sama dia dan seterusnya dan sebagainya. Masalah utamanya adalah novel yang ceritanya seperti itu jarang banget, tapi tenang... meskipun nggak sama persis sama apa yang ku inginkan tapi akhirnya aku nemu juga dan bakal tak share buat kalian yang juga lagi nyari yang model beginian. Oke langsung aja :

1.      Bulan Naraya – Sinta Yudisia
Novel ini memenangkan Juara III Kategori Novel Kompetisi Menulis Tulis Nusantara 2013 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.Novel ini berkisah tentang Nararya, seorang psikolog yang menjadi terapis di mental health center. Menerapi para pasien skizophrenia. Uniknya, meski dia berhadapan dengan manusia-manusia tak normal, Nararya yang kehidupan rumah tangganya berantakan, justru menemukan kebahagiaan.
Rating Goodreads : 4.03

2.      Mei Hwa – Afifah Afra
Huru-hara 1998 tak sekadar telah menimbulkan perubahan besar di negeri ini. Sebongkah luka yang dalam pun menyeruak di hati para pelakunya. Mei Hwa, gadis keturunan Tiong Hoa adalah salah satunya. Dalam ketertatihan, Mei Hwa berusaha menemukan kembali kehidupannya. Beruntung, pada keterpurukannya, dia bertemu dengan Sekar Ayu, perempuan pelintas zaman yang juga telah terbanting-banting sekian lamanya akibat silih bergantinya penguasa, mulai dari Hindia Belanda, Jepang, hingga peristiwa G30S PKI. Sekar Ayu yang telah makan asam garam kehidupan, mencoba menyemaikan semangat pada hati Mei Hwa nan rapuh.
Rating Goodreads : 4.13

3.      Kappa - Ryunosuke Akutagawa
Kappa menggambarkan karikatur kehidupan masyarakat modern Jepang yang maju setelah mengalami zaman teknologi modern, tetapi mengalami kemerosotan derajat rohani. Makhluk kappa dan masyarakatnya merupakan buah imajinasi Ryunosuke Akutagawa. Akutagawa dipandang sebagai salah satu sastrawan terkemuka Jepang. Banyak yang menganggapnya setara dengan Gustave Flaubert. Selain Kappa, buah penanya yang terkenal antara lain: Rashomon dan Dalam Hutan. Akutagawa meninggal pada tanggal 24 Juli 1927 dalam usia 35 tahun karena bunuh diri. Tak diketahui pasti penyebabnya, walaupun ia sendiri pernah berkata, seandainya ia bunuh diri, itu karena kabut ketakutan.
Rating Goodreads : 3.81

4.      Take Off My Red Shoes – Nay Sharaya
Atha : Aku hanyalah seorang gadis yang terlalu lama memendam kesunyian. Hanya dua hal yang paling kuinginkan dalam hidupku. Mendapat tempat yang sama seperti Alia, saudara kembarku. Dan mendapat perhatian dari Ares, kakakku yang sempurna. Aku tak pernah ingin menyingkirkan siapa pun.
Kegan : Ada seseorang yang mengacaukan pikiranku. Seorang gadis bersepatu merah yang aneh. Kau tak akan pernah tahu apa yang ada dalam pikirannya. Tapi yang kutahu, sejak awal mengenalnya, matanya tak pernah berhenti menatap Ares, kakak lelakinya yang sekaligus adalah sahabatku sendiri.
Rating Goodreads : 3.61

5.      Everlasting Love – Aurora_Tan (Wattpad)
"Jika masa lalu membuatmu sesakit ini, maka lupakanlah"
Namanya Anaya dia menderita Post Traumatic Stress Disorder, gangguan kejiwaan yang disebabkan karena trauma masa lalu. Dia gila begitulah orang dengan mudah menyebutnya. Namun di balik kekurangannya perempuan itu memiliki Adrian Winatama, sosok lelaki yang menyelamatkannya dari percobaan bunuh diri. Menjadi gila membuat Aya terus menerus terjebak dalam kenangan masa lalu yang selalu membuatnya takut. Ia ingin keluar dari masa-masa itu namun ada seseorang yang sangat ia cintai tertinggal di masa itu.
Telah dibaca : 1M di wattpad

6.      Luka Cinta Andrea – Suzanne O’Malley
Pada 21 Juni 2001 itu Andrea menuntaskan “keinginannya” membunuh lima anaknya dengan membenamkan mereka ke dalam bathtub. Kontan kasus ini menjadi perbincangan panas publik Amerika Serikat dan dunia. Ketegaran hati Rusty Yates sebagai seorang suami runtuh seketika. Kesabaran dan perhatian yang dia berikan kepada istrinya-yang menderita depresi berat--benar-benar diuji. Andrea membunuh anak-anak karena merasa telah gagal menjadi ibu, dan ingin mengantarkan mereka pergi ke surga.
Rating Goodreads : 3.78

7.      Persona – Fakhrisina Amalia
Namanya Altair, seperti salah satu bintang terang di rasi Aquila yang membentuk segitiga musim panas. Azura mengenalnya di sekolah sebagai murid baru blasteran Jepang yang kesulitan menyebut huruf L pada namanya sendiri. Azura merasa hidupnya yang berantakan perlahan membaik dengan kehadiran Altair. Keberadaan Altair lambat laun membuat perasaan Azura terhadap Kak Nara yang sudah lama dipendam pun luntur. Namun, saat dia mulai jatuh cinta pada Altair, cowok itu justru menghilang tanpa kabar.
Rating Goodreads : 4.09

8.      The Damnation: When The Storm Come - Musya Hamra
Lily kehilangan keluarganya saat bencana itu datang. Angin yang memisahkan Lily dari keluarganya. Berbulan-bulan lamanya membuat ia tidak dapat membedakan mana yang sesungguhnya dan mana yang hanya halu belaka, hingga akhirnya dia bertemu dengan para perawat yang bersedia membantu. Namun dia tidak sedang berada di dunia dimana ia berada. Di dunia yang tak pernah terbayangkan. Mereka “membantunya”.

9. San Fransisco - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Satu-satunya yang menarik dari cowok bernama Ansel adalah badannya yang ketinggian, kegemarannya akan musik klasik, dan senar-senar harpa di ujung jarinya. Ansel bekerja di Suicide Prevention Center, bertugas mengangkat telepon, hingga akhirnya ia menemukan hal menarik yang baru: Rani—gadis dari negeri asing yang mengiris nadi setiap dua hari sekali.
Rating Goodreads : 3.58
10.      Mata-mata monita - Aryadi Randy
 

#noveltentangkejiwaan 
#novelpsikologis 
#noveltentangskizofrenia 
#noveltentanggangguanmental

1 komentar:

reza mengatakan...

aku suka takut baca yang beginian

Apa itu kuota edukasi

Posting Komentar