Pages

Minggu, 01 September 2013

#Noviandriyani - Nikah Muda ?


HOW MY OPINION ABOUT MARRIAGE ???
By : Novi Andriyani
 Hasil gambar untuk married
Holla... Judul postingan hari ini tentang satu kata yang menjadi tujuan semua umat manusia apalagi kalo bukan “Marriage”. Kenapa emangnya? kamu mau nikah? Sama siapa? Kapan? Kok mendadak? Hamil duluan ya? *astaghfirullahaladzim. Tenang guy, aku nggak kayak yang kalian pikir kok. Aku nggak bakal nikah minggu depan ato bulan depan, ini cuma postingan iseng doang. Bicara tentang nikah, siapa sih yang nggak mau? Tapi yang ngebedain salah satunya cuma waktu. Si dia kapan nikah, aku kapan nikah, kamu kapan nikah, itu aja sih yang ngebedain.

Sekarang gini kalo kalian nanya “Nov mau nggak nikah muda?” Mungkin 7 tahun lalu pas masih SMA bakal tak jawab  “aku mau-mau aja nikah muda, nikah sambil kuliah. Menurut ku itu keren banget". Tapi kalo kalian nanya tentang tawaran nikah muda saat ini, bakal tak jawab “Ogah!”. Kenapa nggak mau nikah muda? Ya karena aku belum puas menghabiskan waktu sama diriku sendiri, kan kalo nikah harus ngurus suami ngurus anak, ngurus mertua, ngurus rumah, ngurus ini itu dan yang pasti bikin mumet kepala. Ngurus diri sendiri aja udah kelimpungan eh mau ngurus yang laen. Lagian kalo nikah, nggak bakalan bisa bebas terbang kesana kamari sedangkan aku masih mau melalang buana...

Yang paling penting nikah itu nggak cuma ngomongin tentang ijab kabul doang. Dalam pandangan ku nikah adalah suatu hal yang sangat sangat complicated dan nggak bisa di jabarin sama ribuan kata sekali pun. Nikah itu perlu tanggung jawab yang besar dan komitmen yang kuat dan aku sadar belum punya itu. Mental ku masih secemen kerupuk yang di siram air. Selain itu yang bikin aku takut untuk menikah adalah diriku sendiri. Aku nggak percaya sama diriku sendiri. Alasanya? duh panjang kalo mo di ketik hahaha... Jadi intinya kalo kamu nyuruh aku buat nikah, apalagi nikah muda? jauh-jauh deh.

Makanya aku sama sekali nggak punya impian buat nikah muda. Target ku sih 26 tahun ke atas, sebenernya aku punya planning mau nikah sekitar umur 30 tahun-nan tapi nyokap keburu kebakaran jenggot waktu denger planning ku yang katanya "EDAN!". Edan dari mana coba? umur segitu mah pas buat nikah, tapi kata nyokap kalo umur 30 itu udah fix jadi perawan tua dan udah fix nggak laku. Emang susah kalo ngomongin masalah married sama orang yang udah ter-doktrin "Budaya Nikah Di Usia 24". Karena aku nggak mau kalah dari nyokap akhirnya sesi tawar menawar pun menghasilkan planning baru yaitu : mungkin aku bakal nikah di umur 27 tahun *umur segitu aja masih muda banget. Terus aku ngelahirin anak pertama di umur 28 tahun, anak ke dua lahir pas umur 30 dan anak ketiga ku lahir di umur 35.

Aku punya sedikit kriteria cowok, sebenernya aku orangnya gak muluk-muluk sih. Tenang aja aku nggak bakal berharap punya suami yang ganteng kayak artis-artis Hollywood, tapi kalo di kasih yang kayak Chris Pine aku nggak nolak kok hehehe... Okee bagi yang penasaran, ini dia daftar kriterianya *udah ngerasa cantik aja, pake acara ada kriteria segala…

1.    Seiman, cowok yang bakal jadi suami ku harus seiman sama aku, aku kan islam jadi suami juga musti islam. Dan kayaknya itu akan jadi kenyataan soalnya orang yang ada di sekeliling ku banyak orang islam. who knows ?

2.  Nggak ngerokok! Ini penting karna ini adalah dasar dari semuanya, soalnya kalo dia nggak ngerokok berarti dia sayang sama tubuh dia, coba bayangin kalo dia ngerokok, sama kesehatan hidupnya aja dia nggak sayang apalagi sama pasangannya nanti?
  • Kalo dia nggak ngerokok, berarti dia adalah tipikal orang yang bisa me’manage uang, manage kebutuhan dalam keluarga, manage pendapatannya sehingga nggak akan menjadi boros dan menghambur-hamburkan uang dengan sesuatu yang nggak berguna *bisa manage uang  tu  salah satu sifat yang baik menurut Allah, soalnya enggak boros. ingat! Allah melarang orang yang boros!. Coba bayangin kalo dia ngerokok, udah berapa biaya yang harus dikeluarkanya untuk membeli satu bungkus rokok? Dalam sehari, dalam seminggu, dalam sebulan, dalam setahun, dalam setiap umur hidupnya? *bangkrut dedek bang
  • Kalo dia nggak ngerokok berarti dia tipe orang yang bijaksana. Soalnya dia bisa ngebedain mana yang baik dan mana yang buruk! dan bukan hanya ngebedain, tapi dia bisa ngambil keputusan yang benar *cucok
  • Kalo dia nggak ngerokok berarti dia orang yang sabar, soalnya dia bisa menahan diri, menahan nafsu dari orang-orang sekelilingnya yang ngerokok, yang sering berkoar-koar kalo orang yang ngerokok itu adalah anak yang gaul! *gaul dari mana coba?
3.    Humoris. Ini kriteria yang paling penting dan paling urgent! aku suka cowok yang humoris biar nyambung sama aku yang rada-rada telmi ini. Gini selain telmi, aku itu juga punya kepribadian yang introvert jadi kalo punya suami yang humoris dan cerewet jadi kita bisa melengkapi aja *eciyeee dan orang humoris itu nggak ngebosenin...

4.   Smart. Sumpah cowok cerdas itu sexy. Aku suka banget sama cowok yang pinter, gimana ya ngomongnya, gini kalo kita ngobrol sama orang yang pinter itu sensasi nya beda. Selain bisa nambah ilmu buat kita dia juga bisa ngajarin kita dan dia bisa ngambil keputusan apa aja sama otak cerdas nya. Pokoknya orang pinter itu menguntungkan dalam segala hal. And i love it!

5.    Untuk masalah fisik, aku nggak terlalu mempermasalahkan, tapi aku berharap Allah akan ngasih suami yang sempurna dan tidak cacat baik dalam bentuk fisik maupun psikologis. Buat masalah wajah, aku nggak akan menuntut calon suami ku harus berwajah seperti V BTS atau bahkan harus berwajah seperti Kangata Hongo *beruntung banget kalo gue punya suami kayak mereka…

Tapi wallahua a'alam, manusia cuuma bisa ngerencanain tapi semuanya allah swt yang mengatur. Aamiin :)

0 komentar:

Posting Komentar